DETERMINAN NILAI KONSUMEN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN PADA BANK BTN SYARIAH KC MAKASSAR

  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Mutmainna Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Nilai Konsumen dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada bank BTN Syariah KC Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan, uji analisis jalur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang telah di bagikan pada nasabah Bank BTN Syariah KC Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah Bank BTN Syariah Kc Makassar. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan penentuan ukuran sampel dengan rumus Lemeshow dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai konsumen berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada bank BTN Syariah KC Makassar, relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada bank BTN Syariah KC Makassar, kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, nilai konsumen berpengaruh terhadap kepuasan pada Bank BTN Syariah KC Makassar, relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan pada bank BTN Syariah KC Makassar, sedangkan  kepuasan dapat memediasi nilai konsumen dan Relationsip Marketing terhadap loyalitas nasabah pada Bank BTN Syariah KC Makassar.

Diterbitkan
2023-06-26
Abstrak viewed = 75 times