THE DEVELOPMENT OF E-LKPD USING BOOK CREATOR ON FRACTION OPERATIONS MATERIAL IN ELEMENTARY SCHOOL

PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

Kata Kunci: E-LKPD SD, Operasi Hitung Pecahan, Model DDD-E

Abstrak

Melalui sistem pembelajaran online yang telah diterapkan, banyak permasalahan yang muncul. Proses belajar mengajar yang dilakukan secara online menyebabkan siswa merasa bosan saat belajar dan tidak sepenuhnya menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan E-LKPD yang dibuat dengan Book Creator dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD . Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate). Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga orang guru dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dibagikan kepada guru dan siswa serta lembar observasi. E-LKPD dikembangkan dengan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. E-LKPD dinyatakan valid dengan hasil rata-rata 88% dengan kriteria sangat layak. E-LKPD dinyatakan praktis dengan hasil rata-rata 88% dengan kriteria sangat baik. E-LKPD dinyatakan efektif dengan hasil rata-rata 94% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa E-LKPD sangat cocok digunakan untuk siswa sekolah dasar dan mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar operasi hitung pecahan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Departement of Primary Education, University of Jambi

##submission.authorWithAffiliation##

Departement of Mathematics Education, University of Jambi

Referensi

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis teknologi ipa masyarakat pada mata pelajaran IPAdi sekolah dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151.

Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKN SD berbasis powtoon untuk develop karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129–145. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145.

Arsana, I. W. O. K., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa (LKPD) berbasis project based learning pada muatan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 129–135. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817.

Havizul, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran ips di sekolah dasar menggunakan model DDD-e. Sosial Horizon, 6(2), 283–297. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202.

Joshi, A., Vinay, M., & Bhaskar, P. (2020). Impact of coronavirus pandemic on the Indian education sector: Perspectives of teachers on online teaching and assessments. Interactive Technology and Smart Education, 18(2), 205–226. https://doi.org/10.1108/ITSE-06-2020-0087.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif model DDD-e pada muatan pelajaran IPA kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091.

Kusumawati, N. M. (2017). Optimalisasi model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Journal of Education Action Research, 1(3), 197–209. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12684.

Muazza, Sari, S. R., Noviyanti, S., Hendra, M. R., Harja, H., & Hidayat, M. (2019). Analyzing working compensation and climate on teachers’ performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(12), 1668–1673. Retrieved from http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-1219-26258.

Noviyanti, S., Kurniawan, A. R., & Alirmansyah. (2020). Analysis of the attitudes and critical thinking of elementary school students on thematic learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(1), 4190–4195. Retrieved from http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-1119-24812.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses belajar online (daring) selama pandemi covid-19 bagi guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265.

Sulistyorini, S., Harmanto, Abidin, Z., & Jaino. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa tematik terpadu (LKPD) integrasi penguatan pendidikan karakter (PPK) dan literasi siswa sekolah dasar di kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16503.

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The importance of the student worksheets of electronic (e-LKPD) contextual teaching and learning (CTL) in learning to write description text during pandemic covid-19. Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048.

Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47–55. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232.

Diterbitkan
2022-06-29
Bagian
Vol. 10 No. 1
Abstrak viewed = 587 times