CONTRIBUTION OF MATHEMATICAL DISPOSITION, METACOGNITION ON MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT STUDENTS
KONTRIBUSI DISPOSISI MATEMATIS DAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi disposisi matematis dan metakognisi terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun jenis penelitiannya yaitu ex-post-facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jumlah sampel sebanyak 105 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument angket dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial (analisis regresi linear). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) konstribusi disposisi matematis sebesar 0,4% pada hasil belajar matematika sedangkan 99,6% lainnya adalah variabel lain yang tidak diteliti; (2) konstribusi metakognisi sebesar 4,6% pada hasil belajar sedangkan 95,4% lainnya adalah variabel lain yang tidak diteliti; (3) konstribusi disposisi matematis dan metakognisi secara simultan sebesar 5,1% pada hasil belajar matematika siswa sedangkan 94,9% lainnya adalah variabel lain yang tidak diteliti; (4) disposisi matematis memiliki pengaruh yang positif pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII; (5) metakognisi berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat pada persamaan yang menggambarkan peningkatan satu unit Y akan meningkatkan sebesar 0,071 dan sebesar 0,216.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi akademik siswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 91–98. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/571.
Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan disposisi matematika siswa pada materi SPLDV. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p91-98.
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241.
Annajmi. (2018). Kontribusi disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Tambusai. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4730.
Diningrum, P. R., Azhar, E., & Ayu Faradillah. (2018). Hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 352–364. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/download/2757/808/.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546.
Fitri, L., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh kemampuan disposisi matematis, koneksi matematis, dan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JP2M: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1778.
Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 555–564. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933.
Hasanah, A.-R. (2020). Pengaruh metakognisi, kecerdasan logis matematis dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di kecamatan Somba Opu [Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar]. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/19886/1/artikel_pengaruh metakognisi%2c kecerdasan logis matematis%2c dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x sma negeri di kecamatan somba opu.pdf.
Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108.
Masrura, S. I., & Murtafiah. (2018). Kontribusi kesadaran metakognisi dan motivasi belajar matematika terhadap prestasi akademik mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 4(1), 74–82. Retrieved from https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/146/.
Mayratih, G. E., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.97.
OECD. (2018). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa/.
Ozturk, M. (2021). Cognitive and metacognitive skills performed by math teachers in the proving process of number theory. Athens Journal of Education, 8(1), 53–72. https://doi.org/10.30958/aje.8-1-4.
Radmehr, F., & Drake, M. (2018). An assessment-based model for exploring the solving of mathematical problems: Utilizing revised bloom’s taxonomy and facets of metacognition. Studies in Educational Evaluation, 59, 41–51. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.02.004.
Rahayu, T. R. (2017). Pengaruh model pembelajaran koopeartif tipe tps dengan alat peraga rubbik terhadap self efficacy siswa pada materi kubus dan balok. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v3i2.418.
Riskon, M., Rachmani, N., & Nino, D. (2021). Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa kelas XI MAS Simbang kulon pekalongan. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 353–358. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45045.
Riyanti, A. I., Ngadiman, & Hamidi, N. (2019). Pengaruh kesadaran metakognisi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Tata Arta, 5(1), 17–31. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39824.
Ruslan, Rusli, & Rusdi. (2018). Pengaruh self-directed learning dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Issues in Mathematics Education, 1(2), 136–142. https://doi.org/10.35580/ imed9475.
Soponyono, A. E., Sinaga, K., & Seleky, J. (2018). Perbandingan penerapan metode drill dan resitasi terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas xi ipa di sma abc cikarang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 81–92. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v1i2.795.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematik siswa madrasah tsanawiyah melalui pembelajaran generatif. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(2), 156–168. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p156-168.
Sukamto. (2013). Strategi quantum learning dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan disposisi dan penalaran matematis siswa. Journal of Primary Educational, 2(2), 91–98. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/3068/.
Sumarmo, U. (2013). Pendidikan karakter serta pengembangan berpikir dan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika. Makalah Disajikan Dalam Seminar Pendidikan Matematika Di NTT. Retrieved from https://adoc.pub/pendidikan-karakter-serta-pengembangan-berfikir-dan-disposis.html.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, H., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik (eksperimen terhadap siswa sma menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan strategi think-talk-write. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.36048.
Susanti, E., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis kemampuan koneksi matematika peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan metacognitive awereness inventory. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1203–1219. http://orcid.org/0000-0002-3055-6240.
Vrihastien, A., Widodo2, S. A., & Deshinta, A. (2019). Efektivitas student teams achievement division ditinjau dari prestasi belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 374–381. https://doi.org/0.24127/ajpm.v8i3.2312.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##