VALIDITAS BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA TERAPAN PADA MAHASISWA
VALIDITAS BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA TERAPAN
Abstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar e-modul pada mata kuliah matematika terapan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa fase yang meliputi tahap define (pendefinisian), Design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar e-modul pada mata kuliah matematika terapan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa teknik grafika Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang terdiri atas dua orang validator yang berasal dari ahli desain dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh analisis hasil validasi: (1) kelayakan kegrafikan yaitu 4,7 berada pada kategori sangat valid; (2) kelayakan bahasa yaitu 4,9 berada pada kategori sangat valid; (3) kelayakan isi yaitu 4,9 berada pada kategori sangat valid; dan (4) kelayakan penyajian yaitu 4,7 berada pada kategori sangat valid sehingga diperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan aspek yaitu 4,8 berada pada kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul pada mata kuliah matematika terapan yang telah dikembangkan dinyatakan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ainun, A. M. (2019). Development of teaching materials assisted by maple software in the calculus I course for students majoring in mathematics education, Faculty of Tarbiyah, and Teacher Training. [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.
Akbar, S. (2013). Learning device instrument. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aprianka, S., Setiani, A., & Imswatama, A. (2021). Validity of e-modules based on open-ended meterial systems of linear equations in two variables in online learning for vocational school students. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3111–3122. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.896.
Daryanto. (2013). Preparing modules (Teaching materials for teacher preparation in teaching). Yogyakarta: Gava Media.
Halik, F., Acfira, L., & Tawaddud, B. (2022). Development of problem-based learning module in basic statistics for makassar graphic engineering students. https://doi.org/10.4108/eai.16-11-2022.2326148.
Halik, F., Acfira, L., & Tawaddud, B. (2022). The validity of problem-based learning teaching material for teaching basic statistics to graphics engineering students. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(2), 207–218. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a2.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Education science. Medan: LPPPI.
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Development of e-modules with a problem-based learning model to improve students' mathematical problem-solving abilities. AKSIOMA: Journal of the Mathematics Education Study Program, 10(4), 2107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908.
Laman, E. G., & Halik, F. (2023). Analysis of students’ errors in solving higher-order thinking skills mathematical problems of geometry based on hadar criteria viewed from prior knowledge. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 11(1), 186–201. https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n1a12.
Larkin, K., & Calder, N. (2016). Mathematics education and mobile technologies. Math Education, December 2015, 1–7. https://doi.org/10.1007/s13394-015-0167-6.
Lestari, & Surya. (2017). The Effectiveness of realistic mathematics education approach on ability of students’ mathematical concept understanding. International Journal of Sciences, 34(1), 91–100.
Madjijd, A. (2013). Learning strategies. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo. (2011). Creative guide to creating innovative teaching materials. Yogyakarta: Diva Press.
Purnomo, D. (2011). Development of mathematics teaching materials as a means of developing creative thinking. AKSIOMA : Journal of the Mathematics Education Study Program, 2(1), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v2i1/Maret.43.
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validity of EPUB3 Based Mathematics E-Modules Using Rasch Model Analysis. Journal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535.
Sari, P., & Gautama, M. I. (2022). Failure factors in learning media development sociology teacher at SMAN 15 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 78–83. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.8.
Sitepu. (2015). Writing textbooks. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suarsana, & Mahayukti. (2013). Development of problem-solving oriented e-modules to improve students' critical thinking skills. Indonesian Education Journal, 2(2), 264–275.
Sudjana, N. (2009). Assessment of teaching and learning process results. Bandung: Remaja Rosdakasya.
Sugiyono. (2009). Educational research methods (quantitative, qualitative, and R&D). Bandung: Alfabeta.
Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Development of mathematics e-modules to improve critical thinking skills. Journal of Mathematics and Science Education, 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057.
Yakub, R. D. (2019). Development of context-based mathematics learning tools on systems of linear equations in two variables class VIII MTs. [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##