PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SEKOLAH SMP SWASTA PGRI 19 LOHSARI BARAT
PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPS PGRI 19 LOHSARI BARAT
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Perlunya pembelajaran yang berpengaruh untuk mendukung kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, yaitu melalui model pembelajaran problem-based learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta PGRI 19 Lohsari Barat. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Pretest-Posttes Design. Subjek pada penelitian ini yaitu terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran problem-based learning dan kelas VIII-2 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t atau paired sample t-test. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Hasil Pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai thitung 8,33431 > ttabel = 0,388, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika kelas VIII di SMP Swasta PGRI 19 Lohsari Barat. Model Problem-Based Learning telah dikaitkan dengan beberapa kelebihan, seperti meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, dan meningkatkan hasil belajar matematika. Dengan demikian, model problem-based learning dapat menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416.
Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning (PBL) dan guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30-36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853.
Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. (2017). Deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tipe soal openended pada materi pecahan. Repositori Institusi : Universitas Kristen Satya Wacana, 33 (1), 73–83. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p73-83.
Dinar. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. [Skripsi]. Universitas Pasundan Bandung.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287.
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 2015, pp. 597-602).
Helmon, A. (2018). pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 38-52. https://doi.org/10.36928/jipd.v2i1.254.
Marisa, T. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas 5 SD negeri Mangunsari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (1), 256–263.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1), 125–143. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540.
Nuriati. (2021). Analisis hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP negeri 1 Kabangka ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9 (1), 141–154. https://doi.org/10.36709/jppm.v9i1.16758.
Nurlia, S., & Anggo, H. I. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di kelas XI MIA. Bioma: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5 (2), 136–142.
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v8i2.1732.
Phasa. (2020). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296.
Rahmadani & Anugraheni. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendektanproblem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7 (3), 241–250. https://doi.org/10.24246 /j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250.
Saihu, S. (2020). The effect of using talking stick learning model on student learning outcomes in islamic primary school of Jamiatul Khair, Ciledug Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6 (01), 61–68. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2325.
Sari, I. P. (2017). Pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yayasan madrasah islamiyah Medan Tp. 2017/2018. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sari, N. R., Hidayat, W., & Yuliani, A. (2019). Analisis hasil belajar matematika siswa kelas X SMA pada materi SPLTV ditinjau dari self-efficacy. UNION: Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 7(1), 93-104. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3776.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/union.v6i1.2082.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sumarmi. (2012). Model-model pembelajaran geograf. Malang: Aditya Media Publishing.
Susanto. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syahbana. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica, 2 (1), 45–57. https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.604.
Tobing, E. B. L., & Sinaga, J. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi barisan aritmatika kelas XI SMA negeri 1 Berandan Barat T.P. 2021/2022. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 201–207. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2.
Tomi, U. (2014). pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa. SAE Technical Papers, 7, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340.
Yukentin, Y., Munawaroh, M., & Winarso, W. (2018). Analisis hasil belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 163-168. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2700.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##