PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO FISIKA (DOMIKA) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI KINEMATIKA GERAK

  • Kabul Eko Wiyono Universitas Kristen Satya Wacana
  • Debora Natalia Sudjito Universitas Kristen Satya Wacana
    (ID)
  • Ferdy Semuel Rondonuwu Pusat Study Pendidikan Sains Teknologi dan Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-9765-5729

Abstrak

Materi kinematika gerak sering dianggap sulit untuk dipahami oleh sebagian peserta didik, faktor yang mempengaruhi di antaranya kurangnya latihan soal dan strategi yang digunakan kurang bervariasi sehingga memicu tidak tertariknya dalam mempelajari materi tersebut. Maka dari itu dibuat suatu strategi pembelajaran berbasis permainan yaitu domino  fisika (domika). Permainan ini tidak hanya berisi soal dan jawaban melainkan setiap peserta didik wajib memberi argumen dari jawaban tersebut. Tujuannya agar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan senang mempelajari materi fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Hasil uji media peserta didik terhadap permainan kartu domika adalah (95%). Artinnya kartu domika valid dan efektif digunakan sebagai sarana pembelajaran fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kriteria, berantusias dalam mengerjakan soal, saling beradu argumen, dan saling bekerja sama.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Fisika Universitas Kristen Satya Wacana
##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Fisika Universitas Kristen Satya Wacana
##submission.authorWithAffiliation##

Pusat Study Pendidikan Sains Teknologi dan Matematika
Fakultas Sains dan Matematika
Universitas Kristen Satya Wacana

Referensi

Ansawi, B., Mail, M. O., Miasin, M., Office, T. E., Kebangsaan, S., & Tuaran, S. (2017). EFFECTIVENESS OF SIGHT WORDS & DOMINO STRATEGIES IN TEACHING NEW VOCABULARY TO ENHANCE READING ABILITY AMONG LOW LITERACY YEAR TWO PUPILS. (April), 89–101.

Arrahmah, NyimasArrahmah, N. (2015). P. P. M. M. K. D. T. H. B. S. P. K. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP.

Ayu, D., Wardani, P., Basthomi, Y., Universitas, K. B., & Malang, N. (2017). DEVELOPING READING MATERIALS FOR PHYSICAL EDUCATION STUDENTS. 273–279.

Barendregt, W., & Bekker, M. M. (2020). Development and Evaluation of the Picture Cards Method. (January 2008).

Budiman, J. Y., Sudjito, D. N., & Maslebu, G. (2019). Penggunaan Permainan Kartu Gebrak ( Karak ) untuk Evaluasi Pembelajaran Fisika. 2(1), 8–15.

Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan permainan domat card pada materi sistem persamaan linier satu variabel. 5(1), 1–13.

Juwita, L., Sari, N. P., & Septianingrum, Y. (2012). THE EFFECT OF TEAM GAME TOURNAMENT ( TGT ) COOPERATIVE LEARNING METHOD APPLICATION TOWARDS LEARNING MOTIVATION AND ACHIEVEMENT Faculty of Nursing , Widya Mandala Catholic University Surabaya , Jl . Raya Kalisari Selatan 1 , Pakuwon City , Surabaya , Indon. 1.

Mccrea, S., & Leyva, M. J. L. (n.d.). Stay Sharp with Dominos. 1–18.

Nachiappan, S., Damahuri, A. A., & Ganaprakasam, C. (2018). Application of Higher Order Thinking Skills ( Hots ) in Teaching and Learning Through Communication Component and Spiritual , Attitudes and Values. 7(January), 24–32.

Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. (2015). Effects of using Teams Games Tournaments ( TGT ) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. 3(3).

Petri, G. (2016). How to Evaluate Educational Games : a Systematic Literature Review. 22(7), 992–1021.

Diterbitkan
2020-03-02
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 496 times