Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Indriyani Monoarfa Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)
  • Asri Arbie Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)
  • Wahidin Nuayi Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)
Kata Kunci: Based Learning, Perangkat Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan  pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dan kawan-kawan yang terdiri dari 3 tahap pengembangan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid digunakan dengan sedikit revisi dilihat berdasarkan rata-rata hasil validasi dengan nilai 3,0-3,5. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis dilihat berdasarkan rata-rata persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 2 pertemuan yaitu sebesar 93,75%, serta angket respon guru dan siswa terkait penggunaan perangkat pembelajaran daring mendapatkan respon positif. Efektivitas perangkat pembelajaran terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa terdiri dari ranah kognitif pada pertemuan pertama sampai pertemuan kedua diperoleh N-Gain iRAT 0,51 dan 0,46 dengan kriteria “sedang”, pada tRAT diperoleh N-Gain 0,53 dan 0,5 dengan kriteria “sedang”. Ranah sikap dengan rata-rata persentase sebesar dengan rata-rata persentase sebesar 80,07%, serta persentase ranah keterampilan sebesar 81,85%, dan hasil pengamatan aktivitas siswa semana 2 pertemuan sebesar 80,10% dengan kriteria baik.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran JPAP, vol. 8, no. 3, pp. 496–503, Jul. 2020, doi: 10.26740/jpap.v8n3.p496-503.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008.

D. Ratnasari and W. B. Utami, “Penerapan Aplikasi Whatsapp Terhadap Minat Dan Prestasi Peserta Didik,” vol. 6, 2020.

N. Fauziah, “Pemanfaatan Akses Aplikasi Belajar pada Proses Pembelajaran di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19,” Asatiza J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 56–63, Jan. 2021, doi: 10.46963/asatiza.v2i1.214.

D. Oktaviani, A. Arbie, and A. W. Nuayi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Inquiry Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Telegram dan Google Meet,” vol. 7, no. 4, 2021.

L. K. Michaelsen and M. Sweet, “The essential elements of team-based learning,” New Dir. Teach. Learn., vol. 2008, no. 116, pp. 7–27, Sep. 2008, doi: 10.1002/tl.330.

P. T. Ulansari, I. Ansori, and Y. Yennita, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa,” Diklabio J. Pendidik. Dan Pembelajaran Biol., vol. 2, no. 1, pp. 27–33, Jul. 2018, doi: 10.33369/diklabio.2.1.27-33.

Nurdiansyah and E. Fariayul, Inovasi Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

D. Lewis, S. Clontz, and J. Estist, “Pembelajaran Inkuiri Berbasis Tim,” 2019.

D. Setiani and Darojat, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Whole Brain Teaching Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas IX,” J. Tabularasa PPS UNIMED, vol. 4, no. 1, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

A. Doyan, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbasis Multi Media Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Termodinamika,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 1, Jan. 2015, doi: 10.29303/jppipa.v1i1.11.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Diterbitkan
2023-03-05
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 193 times