PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

  • Jusman Jusman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rafiqah Rafiqah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Hasniwiyah Jawil UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hajeriati Hajeriati UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Video Based Kontekstual Laboratory, Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan model quantum teaching berbantuan video based kontekstual laboratory. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimen, dengan menggunakan Matching pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching menggunakan Video Based Kontekstual Laboratory berpengaruh terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching menggunakan Video Based Kontekstual Laboratory.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aisya, S.M.. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Eksperimen Fisika Berbasis Video Based Laboratory Menggunakan Wahana Permainan Taman Kanak-Kanak Pada Materi Mekanika”.JRKPF UAD.Vol.6.No.1.hlm 35-43.
Alice, dkk. 2020.”Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal of Education Technology. Vol.4 No.2 hlm. 96-102.
Amaliyah, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR terhadap Hasil Belajar”. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education. Vol.2 No.3 hlm.372-379.
Anggereni,Santih. dkk. 2019. “Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunkan Model Discovery Terbimbing Dengan Model Inquiry Terbimbing”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.7.No.2. hlm 156-161.
Ary Y. & A. Sobandi. 2016. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.1 No.1 hlm. 11-18.
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Astuti, dkk. 2018. “Penggunaan Video Based Laboratory (VBL) dalam Menentukan Nilai Modulus Elastisitas Penggaris Aluminium”. Unnes Physics Education Journal. Vol. 7. No.1:h.91-96.
Asyafah,A. 2019. “Menimbang model pembelajaran” . Indonesian Journal of Islamic Education.Vol.6 No.1, hlm.19-32.
Budi,K.& Sahat, S. 2013. “Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika”.Jurnal Tekhnologi Pendidikan. Vol.6 No.2 .hlm 133-140..
Dedy dkk. 2012 . “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu”. Jurnal Exacta. Vol. X No. 1, hlm. 82.
DePorter Bobby, dkk. 2000. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung : Kaifa PT Mizan Pustaka.
Dina Yuliati,dkk. 2014. “Pengaruh Model Quantum Teaching and Learning dengan Pemanfaatan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus XI Kecamatan Buleleng”. E-Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD. Vol.2 No.1. Hlm 1-11.
Elisa,dkk. 2017. “Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktivitas Mahapeserta didik Melalui Phet Simulation”. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran. Vol.1 No.1.. Hlm.15-20.
Fahrudhin, dkk. 2018. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1. No.1: hlm.14-20.
Hanafy, Muh. Sain. 2017. Model Pembelajaran. Watampone: Syahadah.
Hikmawati, F. 2017. Metodologi Penelitian. Depok:PT.Raja Grafindo.
Ikasmayanti, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “lensa”. Vol.3 No. 2 hlm.282-287.
Kevin, H.T & Frely S.A. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar” Jurnal Pendidikan Progresif. Vol.5. No.1. hlm. 83-102.
Nurcholis, Ahmad. 2013. “Pembelajaran Quantum Teaching dalam Perspektif Al-Quran”. Vol XXVIII. No.3. Hlm. 389-400.
Nurdyansyah dan Eni, F.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Teaching Center.
Nurul Siki, dkk. 2021. “Karakteristik Keefektivan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar. Vol.1 No.2 hlm.85-89.
Parwati, Nyoman dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran, Edisi 1. Depok: Rajawali Pers.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Tekhnologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parayama Publishing.
Robet. 2013. “Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Teachi2ng”. Jurnal Time. Vol II. No.2: h.39-41.
Rohani. 2019. “Media Pembelajaran”. Diktat. Sumatera Utara: Fakultas Tarbiyah dan Keg2uruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rusman. 22016. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiono, 2dkk. “Problem Based Teaching Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Simulation Based Laboratory (Sbl) Dan Video Based Laboratory (Vbl)”. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika.h.25-36.
Simak, E.Y.F. “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP.hlm.1-11.
Soenarto, Sunaryo. 2012. “Media Pembelajaran Tekhnologi dan Kejuruan”. Diktat. Yogyakarta: Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana. Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja.
Sundari. 2015. “Model-Model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing” .Jurnal pujangga. Vol.1 No.2, hlm.109.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:PEDAGOGIA.
Tawil, M dan Dadi R. 2011. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer Pada Topik Superposisi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa” JSPF Vol.7 No.2 hlm. 108-119.
Tayeb, Tamrin. 2017. “Analasis dan Manfaat Model Pembelajaran”.Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol.4 No.2. .hlm.48-55.
Wiwin, S. & Tri, N.H.Y. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan”. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol.2 No. 1 hlm.148-159.
Yasa, I Made Ari Mertha. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Guided Inquiry Labs Dan Individual Guided Inquiry Labs Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta didik ditinjau dari Gaya Kognitif”. Jurnal IPA Undiksha”.hlm 1-16.
Yuliani, dkk. 2018. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2. No.2 : h.91-100.
Diterbitkan
2022-09-16
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 395 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##