Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kontekstual Berbantuan Quiz Kahoot untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Erina Septenia Universitas Jember
    (ID)
  • Maryani Maryani Universitas Jember
    (ID)
  • Sri Handono Budi Prastowo Universitas Jember
    (ID)
Kata Kunci: Evaluasi; Kontekstual; Kahoot; Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari instrumen penilaian berbasis kontekstual berbantuan quiz kahoot untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Desain pada penelitian ini adalah Research and Development dengan uji coba terbatas pada 10 siswa kelas X-Mipa 2 dan uji coba luas pada 30 siswa kelas X-Mipa 5. Data yang diambil pada penelitian ini adalah validasi isi oleh para ahli, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda, angket respon siswa terhadap instrumen penilaian, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  presentase kelayak menurut ahli materi diperoleh 93,33% dan ahli media sebesar 81,05% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap instrumen penilaian mendapatkan respon positif dari semua peserta didik. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan instrumen penilaian mendapatkan nilai rata-rata 64 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis kontekstual berbantuan quiz kahoot untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa layak untuk digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ardianti, S., & Ishafit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran fisika SMA. Seminar Nasional Quantum, 25, 575.

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 193. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544

Fahrurrozi, M., & Laili Rahmawati, S. N. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13090

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997

Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “ Kahoot !” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan OTKP di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121.

Jazuli, M., & S. W. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi IPA Terpadu Topik Perubahan Materi Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 912–918.

Khasanah, N., Ellianawati, E., & Agus, Y. (2019). Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Aktivitas pada Materi Momentum Impuls untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(3), 272–279.

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Natural Science Education Research, 4(3), 249–257. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Students ’ Perception of Utilizing Kahoot In Indonesian Language Learning. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(02), 290–306.

Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. VIII, SNF2019-PE-9–16. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.02

Pradana, S.D.S., Parno., & S. K. H. (2017). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 21(1), 51–64.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Rahmawati, A., Husnadi, M., & Haj, M. I. (2020). Implementasi Kahoot Sebagai Instrumen Tes Pembelajaran Fisika Di Era Digital. SENDIKA: Seminar Pendidikan, 3(1), 23–34. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/sendika/article/view/3173

Ritdamaya, D., & Suhandi, A. (2016). Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 87–96. https://doi.org/10.21009/1.02212

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar. Prosiding, 6(November), 28–36. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1192

Susanto, H., A. Rinaldi., & N. (2015). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. The Journal of the Japan Society for Respiratory Endoscopy, 37(3), 343.

Ulfah, M., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2020). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 1, 4–7. https://core.ac.uk/download/pdf/304715497.pdf

Yustiana, S., & Ulia, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Berbasis Pembelajaran Kontekstual. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 179–188. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.8998

Zaenal Arifin. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Diterbitkan
2022-09-19
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 304 times