ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran fisika berbasis problem based learning di SMA Negeri 1 Suak Tapeh. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika dan dokumentasi. Dalam menganalisis penelitian ini dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran fisika masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan cara ceramah kepada siswa namun ada pendekatan yang menggunakan model pembelajaran lain namun tidak sepenuhnya. pembelajaran dengan model problem based learning, penerapan kurikulum mandiri sudah dilaksanakan, namun model PBL belum sepenuhnya dilaksanakan karena adanya proses transfer kurikulum. PBL sudah sesuai dengan pembelajaran kolaboratif dalam memecahkan masalah yang ada sesuai dengan pembelajaran fisika. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran fisika hanya sebagian dari guru yang menerapkannya untuk mencapai pembelajaran yang lebih baik seperti pembelajaran fisika yang mempelajari fenomena alam, serta lingkungan sekitar sehingga layak untuk segera dilaksanakan dalam pembelajaran. proses. sedang belajar. Proses pembelajaran berbasis masalah didasarkan pada penerapan pembelajaran profil Pancasila dengan menghasilkan proyek-proyek yang dimulai dari pemecahan masalah yang berkaitan dengan lingkungan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Faradita, M. N., & Putra, D. A. (2022). Analisis Problem Based Learning Terintegrasi Stem Di Sd Muhammadiyah 26 Surabaya Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) …, 10(2), 457–466. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1891%0Ahttps://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/download/1891/1172
Malikah, S., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. 4(4), 5912–5918.
Mustofa, R. F., & Hidayah, Y. R. (2020). The effect of problem-based learning on lateral thinking skills. International Journal of Instruction, 13(1), 463–474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13130a
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Rahmat, S. A., Pasaribu, M., & Darmadi, I. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gerak di Kelas X SMA Negeri 6 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 16.https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i3.6213
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Siregar, S., Nazliah, R., Hasibuan, R., Julyanti, E., Siregar, M., & Junita. (2021). Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Sma Labuhanbatu. Jurnal Education and Development, 9(2), 285–290.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujanem, R. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9825
Susanti, I., Sholikhan, & Ain, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smpn Satap Matawai Iwi. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5289