ONLINE LEARNING ACTIVITIES AND PHYSICS LEARNING OUTCOMES CLASS XI IN GORONTALO CITY HIGH SCHOLL

  • puputsiswati pupuy Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)
  • Masri Kudrat Umar Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)
  • Supartin Supartin Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)
Kata Kunci: Online Learning, Learning Activity, Physics Learning Outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran daring pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Kota Gorontalo, dan untuk mengetahui hasil belajar pembelajaran daring dalam pembelajaran fisika kelas XI di SMA Kota Gorontalo. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran daring pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 gorontalo dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 93 di SMA Negeri 3 Gorontalo dengan skor rata-rata 81 dalam kategori baik dan di SMA Negeri 4 Gorontalo skor rata-rata 83 dalam kategori baik. Pembelajaran daring  pada siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 gorontalo dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 86, di SMA Negeri 3 Gorontalo dengan skor rata-rata 75 dalam kategori baik dan di SMA Negeri 4 Gorontalo skor rata-rata 82 dalam kategori baik. Hasil belajar pembelajaran daring pada pembelajaran fisika di kelas XI memperoleh rata-rata hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo 79 dengan  kriteria baik, di SMA Negeri 3 Gorontalo 76 dengan kriteria baik, dan SMA Negeri 4 Gorontalo 75 dengan kriteria cukup.

 

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams pada Masa Pandemi Covid-19. JP2SD, 9(1), 16–27.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish Publisher.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Hidayati, N. B., Syam, M., & Komariyah, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform E-Learning Madrasah dan Zoom Cloud Meeting Di MAN 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(2).

Marlena, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.

Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4).

Saddia, A., Sutrisno, Saldi, M., & Agriawan, M. N. (2021). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Fisika Siswa SMA Di Kota Majene. Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(1).

Sarniati, Sudarman, & Subagio, N. (2021). Hubungan Aktivitas Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 4 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 1(2).

Sutrisno. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Online Dengan Google Classroom Di Masa pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).
Diterbitkan
2022-09-03
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 87 times