PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Nurfausiah Nurfausiah
  • Suhardiman Suhardiman

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri terbimbing,untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri mandiri serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri terbimbing dan yang menggunakan inkuiri mandiri pada kelas IX MTs Madani Alauddin Pao-pao. Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui soal yang terdiri atas 10 soal PG (Pilihan Ganda) dan 3 soal Essai, penerapan model pembelajaran melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu t-dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum penerapan kedua model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada kategori sangat tinggi, sedangkan hasil inferensial yaitu thitung>ttabel sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fisika.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Dimyati. 2002. Belajar Dan

Pembelajaran; Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan

Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka

Cipta, 1999, Cet ke-3.

Rezba, R.J., Sparague, C.S., Fiel, R.L.,

Funk, H.J., Okay, J.R., & Jaus, H.H

(1995).

Learning and Assessing science

process skill 3rd ed. Iowa: kendal/ Hunt Publishing Company.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang

mempengaruhi, Jakarta: Rineka

Cipta, 2010.

Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi

PAIKEM dan Behavioristik sampai

Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model

pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta: Kencana prenada Media

Group.

Trianto, 2007. Model-model

Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi

Pustaka.

Diterbitkan
2016-03-01
Bagian
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstrak viewed = 230 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##