Analisis Kesulitan Guru Fisika dalam Menyusun dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas

  • Mawarni Saputri Universitas Syiah Kuala
    (ID)
  • Nurulwati Universitas Syiah Kuala
    (ID)
  • Susanna Universitas Syiah Kuala
    (ID)
  • Musdar Universitas Serambi Mekkah
    (ID)
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

PTK bertujuan untuk memperbaiki mutu pelaksanaan pembelajaran di kelas. PTK memiliki peran penting dan strategis dalam upaya peningkatan kualitas belajar. Maka dari itu penting sekali bagi guru untuk melaksanakan PTK dan membuat karya ilmiah laporan PTK. Akan tetapi kenyataan di lapangan masih banyaknya guru fisika SMA Aceh Tamiang yang kesulitan menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam melaksanakan dan menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Hasil penelitian yang diperoleh bahwa persepsi guru terhadap PTK meningkat setelah mengikuti pelatihan PTK. Aspek pengetahuan dan keterampilannya tergolong baik dan untuk sikap guru terhadap PTK tergolong sangat baik. Adapun hasil analisis kesulitan diperoleh bahwa responden (guru fisika) merasa sangat kesulitan dalam membuat laporan hasil PTK, dan secara keseluruhan dapat dismpulkan bahwa responden masih merasa sulit dalam melaksanakan dan menyusun PTK.

 

 

 

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Undang-Undang No.20 Tahun 2003, “Sistem Pendidikan Nasional.” 2003.

Hunaepi, S. Prayogi, T. Samsuri, L. Firdaus, H. Fitriani, and M. Asy’ari, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di MTs. NW Mertaknao,” Lumbung Inov., vol. 1, no. 1, pp. 38–40, 2016.

A. U. Dani and N. Fajriati, “Application of Flipped Classroom Learning Model Based on Task Exo Olo Using Story Articulate Media,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 2507–2512, 2022.

P. Suparno, Riset Tindakan untuk Pendidikan. 2013.

A. Asrin, I. W. Karta, U. Waluyo, and M. Muntari, “Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Inovatif Bagi Guru SMAN 1 Kopang Lombok Tengah,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.29303/jpmpi.v3i1.417.

Danoebroto, “Pertanyaan Mengenai Penelitian Tindakan Kelas.” pp. 1–10, 2012. [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

J. Permana, “Penelitian Tindakan kelas (Langkah-langkah penelitian Tindakan Kelas),” in Seminar Loka Karya dalam rangka Diklat Profesi Guru, 2011.

S. . Syakbaniah, “Analisis Kesulitan Guru Bersertifikasi Dalam Penulisan Karya Ilmiah,” 2017.

R. Anggraeni, “Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Guru SD Negeri Widoro Lempuyangan Yogyakarta,” 2014.

P. Pati, “Indonesian Foreign School Teachers’ Perception And Capability To Undertake Classroom Action Research: Basis For Capability Building Program,” IOSR J. Res. Method Educ., vol. 4, no. 1, pp. 67–89, 2014, doi: 10.9790/7388-04146789.

H. Trisdiono, “Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas,” 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. 2010.

R. Sundari, “An evaluation on the use of laboratory in teaching biology in public madrasah aliyahs in Sleman regency,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., no. 2, pp. 196–212, 2008.

D. Dihamri, H. Haimah, and A. Srifitriani, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Guru Sd Negeri Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma,” J. Pengabdi. Masy. Borneo, vol. 2, no. 1, p. 60, 2018, doi: 10.35334/jpmb.v2i1.431.

F. dan W. Sarnita, “Pelatihan Penyusunan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Sertifikasi Desa Nunggi,” vol. 2, no. 3, pp. 202–204, 2018.

S. Slameto, “Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 5, no. 2, p. 60, 2015, doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69.

M. H. Daud and M. B. U. Kaleka, “Analisis Kesulitan Bagi Guru Ipa Untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk),” Opt. J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 02, pp. 36–42, 2020, doi: 10.37478/optika.v3i02.502.

H. Fitria, M. Kristiawan, and N. Rahmat, “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas,” Abdimas Unwahas, vol. 4, no. 1, pp. 14–25, 2019, doi: 10.55047/prima.v1i3.214.

Diterbitkan
2023-02-22
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 257 times