Implementation of The Snowball Throwing Learning Model Newton's Law Physics Song Assisted on Interest and Learning Outcomes

  • Umar Sulaiman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Aeni Aeni UIN Alauddin Makassae
    (ID)
  • Andi Ferawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Snowball Throwing, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran minat dan hasil belajar peserta didik
yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan lagu fisika Hukum
Newton, untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar yang diajar dengan model
pembelajaran snowball throwing dengan yang diajar menggunakan model konvensional.
Jenis penelitian quasi eskperimen dengan desain posstest only control group desain.
Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Jeneponto. Instrument penelitian
adalahangket respon dan tes hasil belajar. Analisis deskriptif kelas eksperimen kategori
sangat tinggi dan kelas kontrol kategori tinggi. Analisis inferensial menggunakan uji t
diperoleh thitung 4,68 < ttabel 2,04 Ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima atau
terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Implikasi pada penelitian ini yaitu
pertimbangan bagi tenaga pendidik dalam menggunakan model pembelajaran snowball
throwing berbantuan lagu fisika, pendidik dapat menggunakan model pembelajaran yang
berbeda, bagi peneliti lain dapat dijadikan refrensi untuk penelitian lebih lanjut.

 

 

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Sugiyono, Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D, 16th ed. Bandung:
Bandung Alfabeta, 2013.
S. Azwar, “Penyusunan skala
psikologi. edisi 1. cetakan xiv,”
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
E. W. T. Pamungkas, S.
Herlambang, and Juarti, “Pengaruh model
pembelajaran snowball throwing terhadap
minat belajar geografi kelas xi iis sma
negri 1 tumpang kabupaten malang,” pp.
29–37, 2016,
Available:http://journal.um.ac.id/index.ph
p/pendidikangeografi/article/view/5904.
I. T. Z. Arifin, “Penggunaan
Metode Kooperatif dengan Model
Snowball Untuk Meningkatkan Keaktifan
dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
Materi Peredaran Darah Manusia Di Kelas
V SD Negeri III Wiroko Kecamatan
Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri Tahun
Ajaran 2011/2012.” Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2011,
[Online]. Available:
http://eprints.ums.ac.id/15634/.
I. Tahir, J. Jufri, and A. K.
Achmad, “Murder Dalam Pembelajaran
Membaca Memahami Bahasa Jerman,”
Interf. J. Lang. Lit. Linguist., vol. 2, no. 2,
pp. 127–136, 2021, [Online]. Available:
https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/ar
ticle/view/20483.
I. Pudjipawarti, M. Makmuri, and
K. Kustiyowati, “PENGARUH
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL DAN GAYA
KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN
KONSE PPKN SISWA SMP NEGERI 2
AMBULU,” J. Educ. Technol. Inov., vol.
3, no. 2, pp. 24–39,
2020,[Online].Available:
http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/jet
i/article/view/578
Diterbitkan
2023-06-02
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 117 times