Implementasi Metode Tabulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbukan Sentral

  • Pretty Shintyaningrum Universitas Jember
    (ID)
  • Siti Nur Afitah Universitas Jember
    (ID)
  • Akhmad Rosyidan Rifaldi
    (ID)
  • Mohammad Fathorrosi
    (ID)
  • Bambang Supriadi
    (ID)
  • Ulfa Mazidah
    (ID)
  • Sofia Ratnaningsih
    (ID)
Kata Kunci: Tumbukan sentral, Metode tabulasi, Hasil belajar

Abstrak

Tumbukan sentral merupakan salah satu mata pelajaran fisika yang diajarkan di SMA. Dimana materi ini berkaitan dengan persamaan matematika sehingga kemampuan matematika siswa harus baik. penelitian untuk mempelajari hasil belajar kognitif siswa dalam menyelesaikan soal tumbukan sentral menggunakan metode tabulasi. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jember dengan menggunakan kelas yaitu X MIPA 1 . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata rata pretes siswa sebelum diberi perlakuan adalah 30,9 dan nilai rata rata postes siswa setelah diberi perlakuan adalah 69,2. Peningkatan hasil pretes dan postes menunjukkan bahwa metode tabulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tumbukan sentral dengan nilai n-gain sebesar 0,56 termasuk dalam kategori sedang. Hasil wawancara terkait respon siswa menunjukkan bahwa metode tabulasi lebih disukai oleh siswa, dan siswa puas dalam menerapkannya dalam menyelesaikan soal tumbukan sentral.

 

 

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Antoro, B. H., Supriadi, B., Prihandono, T., Muttaqin, M. R., Azizah, N. H., & Epiningtiyas, S. 2020. Analysis of magic table in completin of closed flow circuits. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012043

Ayudha, C. F. H., & Setyarsih, W. 2021. Studi Literatur : Analisis Praktik Pembelajaran Fisika Di Sma Untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33427

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. 2018. Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–50. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.239

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.

Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. 2020. Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876

Novitasari, D., S. W. Widyaningsih, dan S. R. B. Sebayang. 2021. Analisis pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Manokwari melalui pembelajaran online. Simpalari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika.3(1): 41-42

Kumalasari, M.P., & Kusumaningsih, D.I. 2022. Keterampilan Abadi 21 dalam Model-model Pembelajaran Berpendendekatan STEAM Pada RPP Tematik SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 05(1) ; 74-81.

A. U. Dani and N. Fajriati, “Application of Flipped Classroom Learning Model Based on Task Exo Olo Using Story Articulate Media,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 2507–2512, 2022.

Rosa, G. C., Cari, C., & Aminah, N. S. 2017. Tingkat Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret pada Materi Momentum. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2003, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16368

Rosdianto, H. 2017. Implementasi model pembelajaran POE (predict observe explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika.6(1):55-57.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Siregar, N., dan Surya, E. 2017. Penggunaan Mathmagic Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif. 1(8): 47-52.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Siregar, N., dan Surya, E. 2017. Penggunaan Mathmagic Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif. 1(8): 47-52.

Supriadi, B., Subiki, F. Amelia, F. Ummah, Y. Pratama, A. N. Jannah, dan A. F. Damasari. 2023. Tabulasi dalam Tumbukan Sentral: Teori dan Aplikasinya. Jember: UNEJ Press

Wahab, A., Junaedi, J., dan Azhar, M. 2021. Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039-1045.

Diterbitkan
2023-06-26
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 437 times