Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fisika dalam Pembelajaran Daring

  • Salwa Rufaida Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Riskawati Riskawati Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Sindi Sindi Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, Materi Fisika, Pembelajaran Daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik selama pembelajaran daring pada materi fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini akan dibagikan instrument keterampilan proses sains fisika terhadap 30 peserta didik kelas XI yang masuk 10 besar pada tiga Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Gowa yang masih menerapkan system pembelajaran Daring sampai saat ini yaitu SMA Aksara Bajeng, SMA Handayani Sungguminasa, dan SMAN 19 Gowa. Instrumen keterampilan proses sains dibagikan secara online. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik dominan berada pada kategori rendah dengan frekuensi terbanyak yaitu 13 orang, 12 orang berada pada kategori sedang, 4 orang pada kategori sangat rendah dan 1 orang berada pada kategori tinggi. Sedangkan untuk setiap indikator keterampilan proses sains, dari 7 indikator terdapat 4 indikator yang masuk kategori rendah dan 3 indikator berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik pada materi fisika dalam pembelajaran daring dominan masih tergolong rendah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

I. P. Arifah Prima Satrianingrum, “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 633, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.574.

P. Winarti, “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19,” J. Komun. Pendidik., vol. 5, no. 1, p. 93, 2021, doi: 10.32585/jkp.v5i1.1076.

H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, 2020.

A. Permata and Y. B. Bhakti, “Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 4, no. 1, pp. 27–33, 2020, doi: 10.30599/jipfri.v4i1.669.

R. Erina and H. Kuswanto, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN InSTAD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA DI SMA,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 2, p. 202, 2015, doi: 10.21831/jipi.v1i2.7507.

N. Napsawati, “Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19,” Karst J. Pendidik. Fis. DAN Ter., vol. 3, no. 1, pp. 96–102, 2020, doi: 10.46918/karst.v3i1.546.

W. Muzdalifah, M. Irianti, and M. Maimurni, “Applying Multirepresentation Based Physics Learning To Improve the Ability of Representation of Students in Class X Mipa2 Sma Babussalam Pekanbaru,” J. Geliga Sains J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, p. 67, 2019, doi: 10.31258/jgs.6.2.67-74.

R. Diani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 4, no. 2, pp. 243–255, 2015, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96.

L. Muh. Tawil, Keterampilan - keterampilan Sains dan Implemensinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2014.

M. Y. Lestari and N. Diana, “Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 50–54, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2474/1828

Y. Subekti and A. Ariswan, “Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, p. 252, 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i2.6278.

H. Siswono, “Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa,” Momentum Phys. Educ. J., vol. 1, no. 2, p. 83, 2017, doi: 10.21067/mpej.v1i2.1967.

A. Mahardini and M. Mahitsa, “Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, p. 215, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.3102.

Y. A. Noor et al., “Praksis Praktikum Fisika Mode Daring : Studi Kasus Pembelajaran di SMA / MA Jawa,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 9, no. 3, pp. 276–283, 2020.

S. Maulidina and Y. B. Bhakti, “Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, p. 248, 2020, doi: 10.31764/orbita.v6i2.2592.

J. P. Langi, “Keywords: physics; online learning; zoom meeting; learning outcomes,” Syntax Admiration, vol. 2, no. 1, pp. 85–93, 2021.

R. Pawicara and M. Conilie, “Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2020.

Y. A. Lede, “Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika STKIP Weetebula,” Saintifik, vol. 6, no. 2, pp. 175–182, 2020, doi: 10.31605/saintifik.v6i2.314.

R. H. Saputra, J. A. Baba, and G. Y. K. S. Siregar, “Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Modifikasi Skala Likert Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 9, no. 1, 2018, doi: 10.36448/jsit.v9i1.1029.

L. R. Aiken, “Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings,” Educ. Psychol. Meas., vol. 45, no. 1, pp. 131–142, 1985, doi: https://doi.org/10.1177/00131644854.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. 2013.

P. A. Rahayu, Ai Hayati, “Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang,” Pesona Dasar (Jurnal Pendidik. Dasar dan Humaniora), vol. 5, no. 2, pp. 22–33, 2017, doi: 10.24815/pear.v7i2.14753.

S. Yu and G. Li, “Study on the Cultivation of Observation Ability of Secondary School Students,” in Advances in Computer Science Research, 2018, vol. 83, pp. 1103–1106. doi: 10.2991/snce-18.2018.228.

Y. Shi, Y. Mi, J. Li, and W. Liu, “Concurrent concept-cognitive learning model for classification,” Sci. Program., vol. 498, pp. 65–81, 2020, doi: 10.1016/j.ins.2019.05.009.

K. Shao et al., “Comprehensive evaluation of BRCA1/2 variant interpretation ability among laboratories in China,” J. Med. Genet., vol. 59, no. 3, pp. 230–236, 2022, doi: 10.1136/jmedgenet-2020-107360.

Z. Xiongwei, P. Bei, and S. Kun, “Assessment of the interpretation ability of domestic satellites in geological remote sensing,” Remote Sens. Nat. Resour., vol. 33, no. 3, pp. 1–10, 2021, doi: 10.6046/zrzyyg.2020357.

B. F. Sheyab and M. M. Abu Gazal, “The Predictive Ability of Learning Style and Academic Motivation in Academic Procrastination in the Light of Perfectionism Among in Academic Procrastination in the Light of Perfectionism Among Yarmouk University Students,” J. Al-Quds Open Univ. Educ. Psychol. Res. Stud., vol. 12, no. 37, pp. 130–145, 2021, doi: 10.33977/1182-012-037-009.

I. D. Andani, S. H. B. Prastowo, and Supeno, “Identifikasi kemampuan penalaran hipotesis-deduktif siswa SMA dalam pembelajaran fisika materi hukum newton,” Semin. Nas. Quantum, vol. 25, pp. 562–568, 2018.

S. Lestari, B. Akbar, and L. Safahi, “Model Guided Inquiry Learning : Kemampuan Menggunakan Metode Ilmiah,” BIOCHEPHY J. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.52562/biochephy.v1i1.22.

S. R. Manurung and M. Sinambela, “Peningkatan Pembelajaran Ipa Melalui Pengelolan Praktikum,” in SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT LPM UNIMED 2017, 2017, pp. 144–147.

A. J. Khoiriyah, “Penerapan Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Dan Pengetahuan Siswa Smpn 18 Malang,” Strateg. J. Inov. Strateg. dan Model Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 78–82, 2021, doi: 10.51878/strategi.v2i1.926.

S. Balbay, “A Specific Implementation of Reflective Journals in Self-Regulating Academic Presentation Skills,” Int. e-Journal Educ. Stud., vol. 5, no. 9, pp. 12–24, 2021, doi: 10.31458/iejes.761278.

S. Horiuchi, J. S. Nasser, and K. C. Chung, “The Art of a Scientific Presentation: Tips from Steve Jobs,” Plast. Reconstr. Surg., vol. 149, no. 3, pp. 533–540, 2022, doi: 10.1097/PRS.0000000000008849.

A. Akmam, R. Hidayat, F. Mufit, N. Jalinus, and A. Amran, “Problems of students in following the online learning process in the covid-19 pandemic,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1876, no. 1, pp. 1–12. doi: 10.1088/1742-6596/1876/1/012083.

M. Syazali, A. N. Rahmatih, and N. Nursaptini, “Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi SPADA Unram,” J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 1, pp. 103–112, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i1.2290.

C. L. Chang and M. Fang, “E-Learning and Online Instructions of Higher Education during the 2019 Novel Coronavirus Diseases (COVID-19) Epidemic,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1574, no. 1, pp. 1–6. doi: 10.1088/1742-6596/1574/1/012166.

C. Hatcher, E. Price, P. S. Smith, C. Turpen, and E. Brewe, “Closeness in a physics faculty online learning community predicts impacts in self-efficacy and teaching,” arXiv Prepr. arXiv, 2022, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2209.09306.

B. Van Dusen and J. Nissen, “Associations between learning assistants, passing introductory physics, and equity: A quantitative critical race theory investigation,” Phys. Rev. Phys. Educ. Res., vol. 16, no. 1, pp. 1–15, 2020, doi: 10.1103/PHYSREVPHYSEDUCRES.16.010117.

I. Salaoru, “Engaged pedagogy: An Innovative method to Teach Physics,” arXiv Prepr. arXiv, pp. 1–8, 2020, doi: 10.48550/arXiv.2006.02190 Focus to learn more.

O. Passon, T. Zügge, and J. Grebe-Ellis, “Pitfalls in the teaching of elementary particle physics,” Phys. Educ., vol. 54, no. 1, pp. 1–18, 2019, doi: 10.1088/1361-6552/aadbc7.

J. Park, M.-K. Shin, H. S. Shim, G.-G. Lee, and S.-K. Lee, “Developing a Science Simulation Program to Teach the Concept of Balance in Physics: Its Development and Application for Gifted Korean Elementary Students of Science,” J. Soc. Sci. Res., vol. 5, no. 5, pp. 975–984, 2019, doi: 10.32861/jssr.55.975.984.

E. Murdani, “Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains,” J. Filsafat Indones., vol. 3, no. 3, pp. 72–80, 2020, doi: 10.23887/jfi.v3i3.22195.

D. Tsaniyyah, A. Marianti, and W. Isnaeni, “Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Materi Sel Dengan Model Problem Base Learning Berbantuan Tutor Sebaya,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 9, no. 1, pp. 21–35, 2019, doi: 10.21580/phen.2019.9.1.3229.

I. Royani, B. Mirawati, and H. Jannah, “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 6, no. 2, p. 46, 2018, doi: 10.33394/j-ps.v6i2.966.

I. R. Mahmudah, Y. S. Makiyah, and D. Sulistyaningsih, “Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung,” J. Diffr., vol. 1, no. 1, pp. 39–43, 2019, doi: 10.37058/diffraction.v1i1.808.

R. Fitriani et al., “Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 173–179, 2021, doi: 10.33369/pendipa.5.2.173-179.

Diterbitkan
2024-11-05
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 130 times