Application of Guided Inquiry Model Outdoor Learning to Improve Learning Motivation and Conceptual Understanding in Global Warming Material

  • Fadhilatul Mubarokah Universitas Sains Al-Qur'an
    (ID)
  • Firdaus Firdaus Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
    (ID)
  • Maryono Maryono Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
    (ID)
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Outdoor Learning, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan mengenai motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global antara pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing melalui outdoor learning dengan pembelajaran yang berlangsung secara konvensional. 2) Untuk mengetahui besar peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep pada materi pemanasan global antara pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing terbimbing melalui outdoor learning dengan pembelajaran yang berlangsung secara konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Desaign. Penelitian ini menggunakan pretest-postest dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji pendahuluan normalitas, homogenitas, dan menggunakan analisis hipotesis dengan uji T dan uji Gain berbantuan SPSS.24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada uji lanjut yang pertama yaitu uji t pada data pemahaman konsep siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk data motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa dan motivasi belajar yang signifikan. 2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep dengan rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 64,657 atau 64,6% dengan kriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 27,32 atau 27% dengan kriteria rendah. Perhitungan N-Gain pada motivasi belajar untuk kelas eksperimen mendapat nilai sebesar 68,550 atau 68,5% dengan kriteria sedang, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 3,96 atau 3% dengan kriteria rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing melalui outdoor learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A., Kiky Chandra S. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan ketrampilan Sosial. Lamongan: Nawa Litera Publishing. 2022.

Abraham, I., & Supriyati, Y. Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 8(3). 2022.

Afifah, R. Analisis Profil Proses Kognitif Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 7(2). 2019.

Ari widodo. Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik. Vol. 3 No. 2. 2006.

Arikunto, Suhartini dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2010

Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2001

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2). 2019.

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1). 2019.

Norhayani, N., Apriani, H., & Pardede, A. Penggunaan LKS Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup di Mts Raudhatusysyubban. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 6(1). 2023.

Pabete, A. Y., & Anam, R. S. The The Effect of Outdoor Activity Method on Learning Activity and Science Learning Outcomes. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2). 2023.

Sabrina, M., Mujasam, M., & Sebayang, S. R. B. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Blended Learning dengan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Kelas X IPA 3 di SMA Negeri 2 Manokwari Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1). 2023

Safitri, Meilani., Aziz, M. Ridwan., dkk. Model Pembelajarn Inovatif. Bandung: Media Sains Indonesia. 2021

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika.” Journal of Education Action Research, 2(4). 2018

Diterbitkan
2024-09-17
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 153 times