EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK

  • Andi Jusriana UIN Alaauddin Makassar
    (ID)
  • Astianinsi Sawedi UIN Alaauddin Makassar
    (ID)
  • Hading Hading UIN Alaauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan menganalisis antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran langsung pada kelas X MAN 2 Bulukumba. Pemilihan sampel melalui teknik pemadanan sampel (matching). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menganalisis  dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh hasil tes kemampuan menganalisis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dikategorikan dalam kategori baik, sedangkan hasil tes kemampuan menganalisis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran langsung dikategorikan dalam kategori cukup. Selanjutnya, statistik inferensial menyatakan bahwa thitung>ttabel  sehingga terdapat perbedaan tingkat kemampuan menganalisis antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran langsung pada kelas X MAN 2 Bulukumba.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
UIN Alaauddin Makassar
##submission.authorWithAffiliation##
UIN Alaauddin Makassar
##submission.authorWithAffiliation##
UIN Alaauddin Makassar

Referensi

Ali Mahmudi. Pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UNPAD, 2008.

Astra, I. M.,Umiatin & M. Jannah. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012): h. 135-143.

Brown, S. & Walter, R. Problem Posing: Reflections and Aplications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers, 1993.

Kuswana, Wowo Sunaryo. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.

Shoimin, Aris. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Silver, E.A & Cai, S. An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students, Juournal for Research in Mathematics Education, 1996.

Silver, E.A. On mathematical problem posing. For the Learning of Mathematicas. FLM Publishing Association, Vancouver, British Columbia, Canada, 1994.

Suryanto. Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang, 1998.

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Diterbitkan
2019-09-01
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 114 times