استخدام وسيلة "Quizziz" في تعلم اللغة العربية في مدرسة خير الدين الثانوية الإسلامية غوندانج ليغي مالانج
Penggunaan Aplikasi Quizziz pada Pembelajaran Bahasa Arab di MA Khoiruddin Gondanglegi Malang
Abstrak
Abstrak
Pada masa ini, pembelajaran online (daring) adalah sistem pembelajaran yang digunakan di sekolah. Kebijakan ini disertai dengan intruksi penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (daring). Untuk mempermudah pembelajaran online, terdapat beberapa media penunjang pembelajaran agar lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Salah satu media yang relevan adalah media pembelajaran melalui aplikasi Quizziz. Aplikasi ini diharapkan dapat menambah nilai edukasi serta membuat siswa belajar dengan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Aplikasi Quizizz dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Khairuddin Gondanglegi Malang serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi Quizziz ini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Belajar menggunakan aplikasi Quizizz memberikan manfaat yang sangat besar bagi pembelajaran bahasa Arab di MA Khairuddin Gondanglegi. Pemantauan hasil belajar siswa pun dapat dilakukan dengan mudah karena perolehan nilai sudah tercatat otomatis dan dapat langsung diunduh. Untuk kelebihan aplikasi ini adalah guru langsung bisa mendapatkan hasil nilai siswa dalam pengerjaanya tanpa membutuhkan waktu dalam pengoreksian jawaban siswa, sedangkan kekurangannya adalah yaitu Quizizz sangat bergantung pada jaringan internet yang bagus, sedangkan Kekurangan dari aplikasi ini adalah ketidakstabilan jaringan internet.
Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Pembelajaran Bahasa Arab.
Referensi
A. Waldi I. Irwan, Z.F. Lutfhi. (2019). ‘Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! To Improve Student Learning Outcomes].’, Jurnal Pendidikan.
A.Haryono A.S. Sadiman, R. Rahardjo. (2010). Media Pendidikan, Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Agus Suryana, (2006). Panduan Praktis Mengelola Pelatihan, Jakarta: Edsa Mahkota.
B. Suryobroto, (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, cet.,1, jilid 1.
Deddy Ramdhani. (2020). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Arab, Cordova: Jurnal kajian Bahasa dan Budaya.
Habibah. (2020). Syihabuddin,Evaluasi keterampilan menyimak dengan memanfaatkan permainan berbisik berantai dalam pembelajaran bahasa Arab, Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab.
Jos D Parera, (1997). Linguistik Edukasional, Jakarta: Erlangga.
M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Al-Mansur. (2017). Metodologi penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Miarso Yusufhadi. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muhaimin, M.A, dkk. (1996). Strategi Belajar Mengajar, Surabaya:CV. Citra Media.
Oemar Hamalik. (1995). Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Unik Hanifah. (2020) Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA, Jurnal Ilmiah Ilmu terapan Universitas Jambi, Vol.4 No.2.
Unik Hanifah Salsabila dkk. (2020) Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA, Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, Vol 4 No 2.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##