Penggunaan Instagram kursus @_arab_alazhar Sebagai Media Arabic Self-Directed Learning Mahasiswa Bahasa Arab

  • Adib Alfalah Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • Maman Abdurrahman Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • Syihabuddin Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Instagram; @kursus_arab_alazhar; Self-Directed Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuka inovasi baru Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran mandiri (Self-Directed Learning). Instagram yang selama ini hanya populer untuk memposting foto atau video, sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Arab serta mampu meningkatkan motivasi belajar mandiri mahasiswa. Peneliti berfokus pada penggunaan akun Instagram @kursus_arab_alazhar sebagai channel favorit dengan pengikut terbanyak yaitu sekitar 130 ribu followers. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis data penelitian merujuk pada model Miles dan Huberman, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @kursus_arab_alazhar sangat menarik dan efektif untuk dijadikan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Self-Directed Learning. Mahasiswa bahasa Arab memberikan respons posfitif bahwa Instagram @kursus_arab_alazhar mampu meningkatkan motivasi belajar mandiri dalam pembelajaran bahasa Arab serta ‘recomended’ untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran mandiri bahasa Arab.

Referensi

Anggraini, Candradewi Wahyu. "Students Perspectives toward the Use of Instagram in Writing Class." English Language and Literature International Conference 1, no. 0 (2017).

Asse, Ahmad. "Model Pembelajaran Bahasa Arab Yang Terfokus Pada Siswa (Student-Centered Learning/SCL)." Jurnal Pedagogia 7, no. 1 (Maret 2018).

Audina, Noor Amalina, and Muassomah. "Instagram: Alternatif Media Dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah." Al-Ta'rib 8, no. 1 (Juni 2020).

Bayan, Yayan Nur, Sofyan Sauri, and Anwar Sanusi. "Developing an International Standardized Arabic Language Education Curriculum: Introducing a Conception-Focused Design and Outcome." Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (Desember 2021).

Fitriani, Rahma. "Kemandirian Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Di Madrasah Aliyah." 2019.

Fuadah, Salimatul. "Penggunaan Media Instagram @Nahwu_Pedia dalam Mahārah Al Qira’ah dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab." Studi Arab 11, no. 2 (Desember 2020).

Handayani, Ni Nyoman Lisna. "Pengaruh Model Self-Directed Learning Terhadap Kemandiriandan Prestasi belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (Maret 2017).

Hanik, Elya Umi. "Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah." Elementary Islamic Teacher Journal 8, no. 1 (Jnuari 2020).

Jamil, Husnaini, and Nur Agung. "Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif." Alibbaa': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (Januari 2022).

Juwanti, Arum Ema, Unik Hanifah Salsabila, Cikal Jiwani Putri, Alma Livia Nurany, and Fitri Nur Cholifah. "Project-Based Learning (PJBL) untuk PAI Selama Pembelajaran Daring." Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020).

Karatas, Kasim, and Ibrahim Arpaci. "The Role of Self-directed Learning, Metacognition, and 21st Century Skills Predicting the Readiness for Online Learning." Contemporary Educational Technology 13, no. 3 (2021).

Kurniawan, M. Arif, Agus Miftahillah, and Nilna Milhatan Nasihah. "Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta." Lentera Pendidikan 21, no. 1 (Juni 2018).

Larassary, Amelia, and Suci Wulandari. "Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal." Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) 2, no. 1 (September 2022).

Leach, Linda. Self-Directed Learning Theory and Practice. Sydney, 2000.

Linur, Rahmat, and Mahfuz Rizqi Mubarak. "Facebook sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah." Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020).

Malik, Wara Sari. "Implementasi Model Pembelajaran Self-Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di MTS Swasta UMMI Lubuk Pakam." 2019.

Miles, Matthew B, and Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. UI Press, 2009.

Mukhtar. "Desain Kurikulum Berorientasi Pada Nilai Adat, Budaya dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Hadapi Era Society 5.0." Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan 15, no. 2 (November 2021).

Munir. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Prenada Media, 2016.

Naufal, Said Muhammad. "Akun Instagram @hayfa.academy Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Online." Prosiding Multaqa Nasional Bahasa Arab Ke-IV, 2021.

Rosmilawati, Ila, Syadeli Hanafi, and Elysa Rizky Wijayanti. "Penerapan Model Self-Directed Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Paket B di Windsor Homeshooling Jakarta Barat." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 7, no. 1 (Februari 2022).

Saputra, Hadi, Marsiah, and Cecep Zakarias El Bilad. "Analisis Kualitas Instagram @kursus_arab_alazhar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online." El-Tsaqofah: Jurnal Jurusan PBA 20, no. 1 (2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Teknowijoyo, Felixtian, and Leni Marpelina. "Relevansi industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia." Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan 16, no. 2 (Desember 2021).

Tolinggi, Syindi Oktaviani R. "Microblog Pada Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, Oktober 2021.

https://alazharpare.com/ (Diakses pada tanggal 21 Desember 2022, Pukul 09.30 WIB)

https://datareportal.com/essential-instagram-stats (Diakses pada tanggal 20 Desember 2022, pukul 19.30 WIB)

Diterbitkan
2024-06-21
Abstrak viewed = 160 times