Arabiyya dan Qur’an استراتيجيات تعلم اللغة العربية على قناة اليوتيوب

  • Nurul Izzah Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
    (ID)
  • Fatma Yulia Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran bahasa Arab pada channel YouTube "Arabiyya dan Qur’an" yang dikelola oleh Syaikh Abdelrahman Hassan Ali Hafidzahullah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data primer diperoleh dari konten channel dan wawancara dengan pemilik akun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan mencakup pendekatan multibahasa, penggunaan visual dan audio menarik, metode pengulangan, serta fokus pada keterampilan dasar bahasa Arab. Strategi pembelajaran tersebut meliputi pembelajaran mufradat, tarkib, dan muhadasah, yang disampaikan secara sistematis dan terstruktur. Penggunaan platform YouTube sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahasa Arab di kalangan pemula. Keunggulan strategi ini adalah kemampuannya dalam menyediakan akses materi yang mudah dipahami dan praktis, serta meningkatkan motivasi belajar melalui metode interaktif dan menarik

Referensi

Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan pendidikan bahasa Arab di era digital: Sistematic literature review. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301-309.
Amalia, N. H. (2017). Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Tsanawiyah di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Vol1 15 (2).
Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301–309. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/view/1112
Aminullah, M. A., Al Azmi, F., & Jalal, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Mandiri Melalui Platform Aplikasi Tiktok Sebagai Tren Belajar Masa Kini. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 283. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.1219
Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 12(2), 6. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955
Dalimunthe, M. N., & Yulia, F. (2023). Analisis Materi Ajar Bahasa Arab pada Akun Tik-Tok @kursusarabalazhar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 214–231. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v5i2.274
Diah Rahmawati As’ari. (2010). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 1, 113–120. http://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf
Khansa, H. Q. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Hasna Qonita Khansa. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 53–62. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara
Kurniati, D. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Model Blended Learning. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(2), 119–138. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.32
Nisa’, R. V. (2017). PERANAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA INTERNASIONAL. Jurnal An Nabighoh, 19(02), 225–248.
Novinsah, A., Muqowim, & Supriadi. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di MI. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 187–204. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2571
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890
Rahmasari, H. (2021). Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23–41. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362
Suib, M., Saputra, D., Fidri, M., & Nurhayati. (2022). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Unsur-Unsur Bahasa Arab. Jurnal As-Said, 2(1), 149–161.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiurcbc4avyAhWLbn0KHXGZDtUQFnoECAcQAQ&url=https%253A%252F%252Fdspace.uii.ac.id%252Fbitstream%252Fhandle%252F123456789%252F17205%252F05.3%252520bab%2525203.pdf%253Fsequ
Suryani. (2020). Peran Youtube Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Belajar Dari Rumah. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 5(1), 341–348.
Ulfah, Y. (2022). Manfaat Penggunaan Media YouTube Untuk Pembelajaran Nahwu. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 189–190.
لخدلما ساسأ ىلع ملاكلا ةراهم ميلعت ل بو ي توي برع ويديف عطاقم مادختسا جنلاام يمركلا نارقلا ظيفحتل ةحمرلا دهعبم بلاطلا ىدل لياصتلاا )2020(.
Diterbitkan
2024-06-30
Abstrak viewed = 142 times