Perbandingan Hasil Belajar Bahasa Arab Secara Online dan Offline pada Peserta Didik di Madrasah Tsnawiyah Dar Al-Dakwah Wa Al-Irsyad (DDI) Mattoanging Bantaeng

  • Sitti Fauziah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamka Ilyas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Hasil Belajar; Online; Offline

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada  Pembelajaran yang dilaksanakan secara online yang membuat peserta didik dan guru mengalami kendala dan kesulitan, hingga pihak madrasah membuat keputusan untuk memberlakukan  pembelajaran secara offline (tatap muka)  meskipun belum ada ketatapan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan  hasil belajar bahasa arab  peserta didik secara online dan offline. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk expost facto research. Sampel penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah DDI Bantaeng yang berjumlah 73 orang. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil perhitungan Pada taraf sig diperoleh hasil sebesar 0,09 ≥ 0,05 hasil ini berarti terdapat perbandingan pembelajaran online dan pembelajaran offline terhadap hasil belajar peserta didik kelas 8 Madrasah Tsanawiyah DDI Bantaengdengan nilai rata-rata pembelajaran secara online 83 dan offline 84. Berdasarkan temuan diatas, diharapkan kepada para pendidik untuk lebih memperluas wawasan untuk penerapan pembelajaran secara online.

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada  Pembelajaran yang dilaksanakan secara online yang membuat peserta didik dan guru mengalami kendala dan kesulitan, hingga pihak madrasah membuat keputusan untuk memberlakukan  pembelajaran secara offline (tatap muka)  meskipun belum ada ketatapan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan  hasil belajar bahasa arab  peserta didik secara online dan offline. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk expost facto research. Sampel penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah DDI Bantaeng yang berjumlah 73 orang. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil perhitungan Pada taraf sig diperoleh hasil sebesar 0,09 ≥ 0,05 hasil ini berarti terdapat perbandingan pembelajaran online dan pembelajaran offline terhadap hasil belajar peserta didik kelas 8 Madrasah Tsanawiyah DDI Bantaengdengan nilai rata-rata pembelajaran secara online 83 dan offline 84. Berdasarkan temuan diatas, diharapkan kepada para pendidik untuk lebih memperluas wawasan untuk penerapan pembelajaran secara online.

Referensi

Abdul Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Briliannur, D.C, dkk. 2020. “Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal .Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bangkok Post Bangkok

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, MS. Dan Janner Simarmata, dkk. 2019. Online : Implementasi, Strategi, dan Inovasinya, Medan: Yayasan Kita Menulis.

M. Syahrul, M. 2021. Guru mata Pelajaran Bahasa Arab kela VIII MTs DDI Bantaeng.

Nursobah, dkk. 2020. “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Literasi Informasi dalam Budaya Akademik Mahasiswa, Discussion Paper Hasil Telusur Hasil Web Athhulab”. Journal. UIN Sunan Gunung Djati.

Pakpahan, dan Fitriani. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19“. Journal of Information System.

Republik Indonesia, 2005. “Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen”. Jakarta: Sinar Grafika.

Simatupang, dkk. 2020. “Efektifitas Pelaksanaan Pengajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana”. Jurnal Dinamika Pendidikan.

Sugiarto. 2008. Pengajaran Membaca, Jakarta : Grafindo, 2008.

Suryati, dkk. 2008. “Model-Model pembelajaran Inovatif”, Jurnal Ilmu Pendidikan (Universitas Negeri Surabaya, tahun 2008),h. 35

Sukmadinata, Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan
2024-08-07
Abstrak viewed = 226 times