التحليل عن طريقة العرض (سوروجان) في القدرة على قراءة كتاب فتح القريب لطلاب الصف الحادي عشر بمعهد سلالم الفضلاء سيمالونجون
Abstrak
Permasalahan yang di alami Santri kelas 11 Pondok Pesantren Salalimul Fudhola ialah masih kesulitan dalam menerapkan kaidah nahwu dan shorof saat membaca kitab. Penelitian ini berfokus pada metode Sorogan yang digunakan di pondok pesantren tersebut untuk mengatasi kesulitan santri, terutama dalam membaca kitab Fathul Qarib. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode sorogan, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap kemampuan membaca kitab Fathul Qarib santri kelas 11. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada Miles & Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Sorogan diterapkan dengan santri yang bergiliran menghadap guru, membaca, menerjemahkan, dan menjelaskan isi kitab Fathul Qarib. Faktor pendukungnya salah satunya adalah keinginan kuat guru untuk melestarikan kajian kitab kuning, sementara faktor penghambatnya adalah beberapa santri yang tidak belajar sebelum sorogan. Metode Sorogan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qarib santri. Dapat di ambil Kesimpulan bahwa metode Sorogan memegang peranan penting dalam keberhasilan meningkatkan kemampuan membaca kitab di kalangan santri.
Referensi
Balulu, F. (2023). Implementasi Strategi Tutor Sebaya Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Klasik Di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah Mangli Jember. 6(1), 50–69.
Fahrurrozi, S. (2021). PERKEMBANGAN DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 7(2), 62. https://doi.org/10.30821/ihya.v7i2.15193
Haq, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 211–222. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937
Hasanah, U., Asetia, S. D., Fatonah, I., & Much Deiniatur. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengelanan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Jurnal Kependidikan, 2(2), 15–29. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.550
Hidayah, N., & Naimah, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Kitab Gundul Menggunakan Metode Sorogan di Pondok Pesantren Sunan Ampel Denanyar Jombang. Bashrah, 02(April), 1–14. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/bashrah/article/view/440
Ihwan, M. B., Mawardi, S., & Ni’mah, U. (2022). Pengaruh Penguasaan Ilmu Nahwu Dan Sharaf Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qarib. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 61–77. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1422
Isbah, F. (2023). MEMAHAMI KARAKTERISTIK BAHASA ARAB UNTUK PEMBELAJARAN Faliqul Isbah 1. 03(April), 1–10.
Islamadina, D. S., & Zukhaira. (2023). Multimedia Interaktif Aswak ( Ashwat Wal Kitabah ) Bahasa Arab Untuk Anak-Anak Di Kota Semarang. 12(2), 93–105.
Kamal, H., & S, W. U. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Teks Arab Gundul Santriwati Tabaqah Syarh Al- ‘Ajrumiyyah Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga. Muhadasah, 2(2), 157–175.
Lubis, Z., & Harahap, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Educandy untuk Siswa SMP Cerdas Murni Tembung. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 657–673. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.4753
Mardhotillah, F. R. (2021). Penerapan Metode Sorogan Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Gramatikal Bahasa Arab. 53–60.
Maskuri, M., Kholison, M., Islamiyah, W., Ibrahimy, U., & Indonesia, S. (2022). Metode Pembelajaran Kitab Kuning. Lahjah Arabiyah, 3(2), 139–144.
Mu’izzuddin, M., Juhji, J., & Hasbullah, H. (2019). Implementasi Metode Sorogan Dan Bandungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 43. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1942
Mustakim, N., & Saputra, R. (2021). Tathbiqu Wasilatu Bithoqotil As-ilati Wal Ajwibati Fii Ta’limi Maharatil Qiraati Litanmiyati At-Tahshili Ad-Dirasiyyi ’Inda At-Thullabi. 11(2), 361–372.
Reksa, M. Y. M., & , Rachmah, H. (2022). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 115–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1484
Salim, & Rifki, M. I. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.
Shofiyyah, N. A., Ali, H., & Sastraatmadja, N. (2019). Model Pondok Pesantren di Era Milenial. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.585
Syukran, Bengi, M. S., & Jihan Mghfirah Husna. (2022). Maharatul Qiraati fii ta’limil lughotil ’Arabiyyati. 2(1), 21–39.
Ulfa, M. (2022). Metode Sorogan Kitab untuk Pemahaman Nahwu ( Imrity) Pondok Pesantren Assunniyah Kencong Jember. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 5(01), 65. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i01.5202
Yulianti, N., Aziz, I., & Rina Mida Hayati. (2024). Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Wali Songo (Study Kasus Kelas Ula Tsalis B Putri). Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 132–143.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##