Efektivitas Pembelajaran Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah pada Daurah Ramadhan di Pon Pes Dalwa
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan kemampuan berbahasa Arab santri selama Daurah Ramadhan di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (Dalwa). Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini berfokus pada pengalaman santri dan ustaz, serta mengidentifikasi tantangan dan strategi pembelajaran. Lokasi penelitian melibatkan 50 santri berusia 15-18 tahun dengan desain penelitian yang mencakup pra-intervensi, intervensi, dan pasca-intervensi. Metode pembelajaran meliputi hafalan harian, diskusi kelompok, praktik kalimat, serta evaluasi harian. Temuan menunjukkan bahwa kitab ini secara signifikan membantu santri dalam memahami kata kerja sehari-hari, memperkuat penguasaan gramatika, dan meningkatkan keberanian berbicara. Meskipun terdapat tantangan berupa durasi program yang singkat dan heterogenitas kemampuan santri, metode chunking dan mnemonik terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya penggunaan materi terstruktur dalam pembelajaran intensif dan diharapkan menjadi referensi untuk pengembangan program serupa di pesantren lainnya.
Referensi
Altakhaineh, Abdel Rahman, Rozan Alhloul, and Aseel Zibin. “Foreign Language Processing of English Regular and Irregular Past Tense Verbs by Arabic-Speaking EFL Children.” PSYCHOLINGUISTICS 32, no. 2 (October 11, 2022): 6–28. https://doi.org/10.31470/2309-1797-2022-32-2-6-28.
An, Duk-Ho. “Clause Types, Intonation and Stranded Embedded Clauses.” Journal of Linguistics 60, no. 1 (February 2024): 51–74. https://doi.org/10.1017/S0022226722000470.
Basid, Abdul, Al Lastu Nurul Fatim, Jumriyah Jumriyah, and Masrokhin Masrokhin. “Revealing Transitive Verbs in Arabic Short Stories: A Case of Tagmemic Approach.” Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 7, no. 1 (December 31, 2023). https://doi.org/10.22219/jiz.v7i1.25627.
Creswell, John W, and J David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, 2020.
Hameed Alotaibi, Yasir. “Serial Verbs in Modern Standard Arabic.” International Journal for Arabic Linguistics and Literature Studies 3, no. 4 (December 2021): 229–43. https://doi.org/10.31559/JALLS2021.3.4.3.
Khalifa, Salam, Sara Hassan, and Nizar Habash. “A Morphological Analyzer for Gulf Arabic Verbs.” In Proceedings of the Third Arabic Natural Language Processing Workshop, 35–45. Valencia, Spain: Association for Computational Linguistics, 2017. https://doi.org/10.18653/v1/W17-1305.
Kosaka, Takumi. “The Effects of Chunk Reading Strategy Training on the Word Chunking Skills of L1-Japanese English Learners.” System 126 (November 2024): 103495. https://doi.org/10.1016/j.system.2024.103495.
Mahmudah, Menik, Nurhanifansyah Nurhanifansyah, and Syarif Muhammad Syaheed bin Khalid. “Psycholinguistic Approaches to Enhancing Arabic Speaking Proficiency through Comic Strips.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 8, no. 2 (November 2024): 804–26. https://doi.org/10.29240/jba.v8i2.11349.
Nurhamim, Nurhamim, Dina Indriana, and Achmad Yani. “Teachers’ Understanding of Psycholinguistic and Its Relation to Arabic Teaching Method in Modern Pesantren.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 10, no. 2 (December 28, 2023): 178–90. https://doi.org/10.15408/a.v10i2.35524.
Nurhanifansyah. Kumpulan Kisah Abuya Hasan Baharun. Bangil: Hilyah.id, 2022.
Safata, Besse, Ahmad Munawwir, and Abudzar Al Qifari. “Al-Qur’an dan Bahasa Fusha” 12, no. 2 (2024). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/50457/20685.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##