The Continuity of Classical Arabic Language Pedagogy : Muhadatsah Method And Its Application In Modern Maharah Kalam Learning

  • Katrin Adjma Nofesalya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
    (ID)
  • Widiya Yul Institut agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
    (ID)
  • Riko Andrian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
    (ID)
Kata Kunci: Muhadatsah; Learning Method; Maharah Kalam

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan meneliti pembelajaran Kalam melalui metode Muhadatsah di Ma'had Al-Jamiah, dengan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat, pendukung dan tingkat keberhasilannya. Menggunakan Pendekatan fenomenologis dengan paradigma interpretatif serta metode kualitatif. Hasil penelitian meliputi: 1) Metode ini bertujuan untuk membiasakan siswa berkomunikasi dalam bahasa Arab. 2) Muhadatsah memiliki signifikansi karena sifatnya yang santai dan praktis, membiasakan percakapan, praktik berulang, elemen yang menarik, memfasilitasi hafalan, dan pengembangan kelancaran. 3) Kemajuan diukur berdasarkan kelancaran dan kemudahan pengucapan siswa. 4) Implementasi melibatkan penugasan kosakata, pemilihan pasangan, penentuan topik, dan pemilihan lokasi untuk Muhadatsah. 5) Evaluasi dilakukan melalui pengawasan langsung oleh instruktur. 6) Pendekatan pengajaran bersifat santai dan fleksibel. 7) Tidak ada media yang digunakan sebagai sumber pembelajaran. 8) Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, lingkungan bahasa yang kurang mendukung, kurangnya pengetahuan dasar bahasa Arab pada siswa, dan rasa malu. 9) Keberhasilan terlihat pada peningkatan keterampilan Kalam, pengucapan yang tepat, dan peningkatan kosakata.

Referensi

Abdurrahman, M., & Muhidin, S. (2011). Memahami Penelitian. CV Pustaka Setia.

Acep hermawan. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Afifuddin, H. (2021). Pembentuka Lingkungan Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al-Fattah (STITAF) Siman Lamongan. 13(1), 42–54. https://doi.org/10.37850/cendekia

Alam, A. P., & Asyrofi, I. (2023). Analisis Metode Pembelajaran Muhadatsah Yaumiyyah dalam Upaya Meningkatkan Maharotul Kalam Santri. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2579

Andrian, R., & Yul, W. (2023). Arabic Teaching Efficacy Model (ATEM): A Language Teaching Model Design. International Journal of Arabic-English Studies, 23(2), 369–384. https://doi.org/10.33806/ijaes.v23i2.468

An-Najaa, N. A. (2023). Metode Muhaddatsah pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 102–111. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8929

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan ( Metode & Paradigma Baru). PT Remaja Rosdakarya.

Bahrun, M., Makmur, R., & Azis, A. (2024). Penerapan Muhadatsah Al-Yaumi dalam Peningkatan Keterampilan Kalam Pada Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan. Al-Miyar, 7(1), 19–38. https://doi.org/10.35931/am.v7i1. 2959

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif . PT Rineka Cipta.

Bustam, B., & Perawironegoro, D. P. (2021). Pendidikan Bahasa Arab untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam. UAD Press.

Darman, I. H. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Munazharah (Debat) Dalam Pembelajaran Muhadatsah III Di PBA STAIN Madina. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1422. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1126

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif & Kualitatif). Raja Grafindo Persada.

Fathekhahsari, A., Lisnawati, S., & Triwoelandari, R. (2024). Penerapan Metode Muhadatsah untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa di MTs Daarul Muhajirin Kota Bogor. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.5034

Hady, Y. (2019). Pembelajaran Mahārat al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 63–84. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-04

Hajar, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 9(1). https://jurnaldidaktika.org/

Inayati, N. (2024). Pendidikan Bahasa Arab: Konsep Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. MU Press.

Izzan, A. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora.

Izzan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora.

John W. Creswell. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. PUSTAKA BELAJAR.

Kaharuddin. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.734

Khoiruman, J. A. (2021). Metodologi Pembelajaran Maharotul Kalam. Tazkirah, 1(1), 1010–1031.

Kojongian, M., Tumbuan, W., & Ogi, I. (2022). Efektifitas dan Efisiensi Bauran Pemasaran pada Wisata Religius Ukit Kasih Kanonang Minahasa dalam Menghadapi New Normal. Jurnal EMBA, 10(4). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v12i03

Kumara, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Ahmad Dahlan.

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Maidarlis, S. D. E. H. H. W. and Kasmiati. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Pembelajaran Maharah Kalam Pada Siswa MAN 2 Tanah Datar (Prespektif B.F Skinner). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab , 5(2), 195–214.

Mufidah, N., & Fitriana, A. (2022). Metode Muhadatsah Sebagai Pembelajaran Maharah Kalam di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Al-Af’idah, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52266/al-afidah.v6i2

Munir. (2005). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Prenada Media.

Mutmainah, N., & Marlina, L. (2020). Implementasi Metode Mubasyarah dalam Pembelajaran Muhadatsah. TSAQOFIYA Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo, 2(2), 30–43. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v2i2.21

Nur, H., Pendidikan, P., Arab, B., Tarbiyah, J., Kampus, W., Jalan, :, Cokroaminoto, H., & Bone, K. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4

Pratama, A., & Asriyah, M. (2021). Penerapan Metode “Muhadatsah” Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Tahfidz An-Nahl Tanjung Seneng Bandar lampung (Vol. 1).

Pratamo, S. (2024). Jurus Jitu Menulis Esai. Segap Pustaka.

Purba, A. (2013). Peranan Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. 3(1), 13–25.

Qomaruddin, F., Haq, M., & Rosyad, M. (2023). Efektivitas Metode Langsung Terhadap Maharah Kalam pada Program Muhadatsah Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin. Miyah, 19(1), 73–98. https://doi.org/https://doi.org/10.33754/miyah.v19i01.658

Rochiati Wiriaatmadja. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka ramadhan.

Satrio, M. A. (2019). Pengembangan Desain Materi Ajar Bahasa Arab. STAIN SAR Press.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Alfabeta.

Syamsuddin, A. (2021). Strategi Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab. Nusamedia.

Taufik. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab MI. UIN Sunan Ampel.

Ulfah, Y., & Insaniya, L. (2023). Implementasi Muhadatsah Yaumiyyah Dalam Meningkatkan Maharah Kalam. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v4i1.2448

Utami, R., Nyak M, & Taufiq, A. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Arab. YPMZ.

Wahab Rosyidi, A., Mamlu, & Ni, atul. (n.d.). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab (1st ed.). UIN Maulana Malik Ibrahim .

Wijaya, J. (2020). How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia.

Diterbitkan
2025-04-23
Abstrak viewed = 8 times