تطبيق الخريطة الذهنية في التعليم القائم على المشروع لترقية كفاءة التلاميذ في مهارة القراءة بالمدرسة الثانوية ثنائية اللغة باتو

  • Suci Yuta Rahayu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Umi Machmudah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abdul Wahab Rosyidi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Kata Kunci: الكلمات الأساسية: الخريطة الذهنية; التعليم القائم على المشروع; مهارة القراءة

Abstrak

Pemahaman membaca adalah memahami sesuatu dari teks yang dibaca. Mengacu pada hal tersebut, peneliti di MA Bilingual Batu memberikan pre-test kepada kedua kelompok. Ia menemukan bahwa dalam dua puluh soal yang dirancang peneliti untuk diselesaikan dalam waktu 30 menit, peneliti memperoleh hasil bahwa skor 5 dari 18 siswa (yaitu 28%) mencapai nilai melebihi KKM, dan sisanya 72% kurang dari KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan mind maping dalam Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di MA Bilingual Batu dan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan mind maping dalam Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di MA Bilingual Batu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menerapkan pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes sebagai alatnya. Untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan uji statistik pada SPSS 17. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan mind map dalam Project Based Learning untuk pembelajaran Maharah Qira'ah, siswa menjadi lebih aktif dan antusias, dan peneliti menerapkan 6 langkah pada 6 pertemuan menurut pendapat Daryanto. Hasil nilai Sig. (2-tailed) pada uji statistik sebesar 0,005 dan 0,005 lebih kecil dari hasil 0,05. Nilai signifikansi tersebut Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau H1 = diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan pernyataan ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan mind map dalam Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas sepuluh dalam keterampilan membaca di MA Bilingual Batu adalah efektif. Keuntungan penerapan mind map dalam Project Based Learning adalah: (a) Peserta didik saling bekerja sama untuk memecahkan masalah. (b) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya sesuai dengan lingkungan di kehidupan sehari-hari. (c) Siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan antusias. Kekurangannya adalah: (a) Membutuhkan banyak waktu dan sarana pembelajaran. (b) Hal ini mengharuskan guru dan siswa untuk siap menghadapi pembelajaran dan pengembangan. 

 

Referensi

محمد محمود ساري حمادته و خالد حسين محمد عبيدات. مفاهيم التدريس في العشر الحديث طرائق ... أساليب... استراتيجيات. لأدن: عالم الكتب الحديث، (۲۰۱۲)

Acep hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2014)

Daryanto, Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Gava Media, 2014)

Umi Fadlilah, dkk “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Fahmul Maqru‟ Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 4 Kota Surabaya,” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 11, N (2019): 153–168.

Iqbal Hasan, “Analisis Data Penelitian dengan Statistik”,( Jakarta: PT Bumi Aksara,2004)

M. Soenardi Djiwandono,Tes Bahasa Dalam Pengajaran,(Bandung: ITB Bandung,1997)

Ratna Sa‟idah, “Arab Yang Bermutu ( Studi Atas Pembelajaran Bahasa Arab Di Lembaga Kursus Bahasa Arab „ Al-Farisi ,‟ Realita 15, no. 1 (2017): 1–16

Ridwan Abdullah Sani. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta,2010)

Syamfa Agny Anggara. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Arabi: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2 No. 2, (2017)

Diterbitkan
2025-04-23
Abstrak viewed = 9 times