Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik MTs. Al-Ishlah Sukadamai Natar disebabkan adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal serta hanya beberapa dari peserta didik yang mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide dalam pengerjaan soal. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis antara murid yang menggunakan teknik pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS). Teknik pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) menggunakan bahan ajar gamifikasi, dan metode ceramah. Jenis eksperimen yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen semu (quasi experimental). Cara yang diterapkan peneliti dengan metode acak kelas. Intsrumen yang akan diuji coba yaitu soal tes essai dengan menghitung uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Teknik analisis data dengan uji-t. Adapun hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anava diperoleh πΉβππ‘π’ππ sebesar 17,844. Jika nilai πΉπ‘ππππ sebesar 2,709 maka dapat disimpulkan bahwa πΉβππ‘π’ππ β₯ πΉπ‘ππππ . Sehingga dalam perhitungan H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Downloads
References
Al-Azwi, N. M., & Rohmah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Spritual terhadap Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah. IQ (Ilmu Al-qurβan): Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2), 189β201.
Ambarita, B. (2019). Strategi Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Generasi Kampus, 2 (1).
Anggraeni, R. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Uin Raden Intan Lampung.
Asruriyah, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Modifikasi Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP N 5 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315β330.
Dewi, I. N., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Kontekstual. Journal on Education, 1(2), 279β287.
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Hasanah, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (2019). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impactt on Mathematical Reflective Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4) 1123β1135.
Hidayat, O. S. (2018). Pengaruh Model Actif Learning Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berbicar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 130β140.
Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2 (1), 9-11.
Jamali, D. C. N. U., & Cirebon, I. S. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (Tapps) Dalam Pembelajaran Matematikaterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di Kelas VII Mts Pui Ciwedus Kabupaten Kuningan. Eduma Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2), 18-20.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48β52.
Karim, A. (2015). Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. Fikrah, 2(2).
Mairanti, P. (2013). Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Matematis Berdasarkan Level Kognitif Siswa Di Mts Hidayatul Umam.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Journal on Education, 1(2), 271β278.
Rembulan, A., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Statistika Kelas VIII. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 84β98.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Setiawati, N. L. P., Dantes, D. N., Candiasa, D. I. M., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan LKS Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SLB Negeri Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127β144.