Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Logika Matematik pada Peserta Didik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan : kemampuan pemahaman konsep matematika yang menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) dan model pembelajaran konvensional dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logika matematik serta pengaruh interaksi antara model pembelajaran Intellectually and Repetition (AIR) dan kecerdasan logika matematik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar merupakan populasi penelitian ini. Penentuan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket kecerdasan logika matematik siswa merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kecerdasan logika matematik siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Intellectually and Repetition (AIR) dan kecerdasan logika matematik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ainia, Q., Kurniasih, N., & Sapti, M. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kaligesing Tahun 2011/2012. Universitas Negeri Surabaya. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10079
Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538
Burhan, A. V., Suherma, & Mirna. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://docplayer.info/35743751-Penerapan-model-pembelajaran-air-pada-pembelajaran-matematika-siswa-kelas-viii-smpn-18-padang.html
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/
Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually, and repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal E-DuMath, 2(2). https://doi.org/10.52657/je.v2i2.182
Fitriana, M., & Ismah, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Kedisiplinan Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.59-68
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Khadijah, S., & Sukmawati, R. A. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Audiotory Intellectually Repetition dalam Pengajaran Matematika di Kelas VII MTs. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.568
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pamahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Sisiwa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Martha, P. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik, dan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TE SMK Negeri 2 Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9792
Nurhidayat, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Mts. As’adiyah Kampiri Kab. Wajo. UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/1209
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2). https://doi.org/10.20527/quantum.v6i2.1165
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##