Development of Guided Discovery Based Mathematics Teaching Materials
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas bahan ajar matematika berbasis penemuan terbimbing. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas IX SMPN 1 Sungguminasa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli, angket respons guru dan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation) dengan menghasilkan modul matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa nilai rata-rata aspek modul berbasis penemuan terbimbing pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung dengan nilai kevalidan 4,5 yang berada dalam kategori “sangat valid”. Hasil angket respons guru memiliki persentase respons positif dengan rata-rata 87,5%. Kemudian, keefektifan modul diketahui 87,9% siswa berada pada kategori tuntas, hasil pengamatan aktivitas siswa dengan rata-rata 57,1% berada pada kategori cukup aktif, dan persentase rata-rata respon positif siswa adalah 93,9%. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan modul matematika berbasis penemuan terbimbing dapat diterapkan dalam pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Darmayanti, R., Utomo, D. P., Choirudin, & Usmiyatun. (2023). E-Module Guided Discovery Learning Model in the HOTS-Based Independent Learning Curriculum. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1–10.
Eka Saputri, M. E., & Oktarin, I. B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2), 155. https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15230
Fitriani, V., & Eka Afri, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Segiempat. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 220–229. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.494
Jawa, A. N., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2022). Pengembangan bahan ajar pada materi relasi dan fungsi berbasis pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1568–1583.
Luthfiani, A., & Yerimadesi, Y. (2022). Effectiveness of e-module based on guided discovery learning on learning outcomes of high school students. Jurnal Pijar Mipa, 17(6), 770–774. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i6.4252
Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887
Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327
Sari, A., & Revita, R. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Nilai Keislaman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 655–667. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1256
Susanti, S., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728
Wanahari, M., Amry, Z., & Simamora, E. (2022). Development of Guided Discovery-Based Learning Tools Using Hypercontent To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Ability. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 100. https://doi.org/10.31000/prima.v6i2.5514
Yuza, A., & Darwianis, D. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika II. Unes Journal of Education Scienties, 1(1), 090. https://doi.org/10.31933/ujes.1.1.090-106.2017