Development of Guided Discovery Based Mathematics Teaching Materials

  • Rezky Amalia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0131-0994
  • Agung Suci Dian Sari Institut Teknologi dan Sains Nahdatul Ulama Pasuruan
    (ID)
Kata Kunci: Bahan Ajar Matematika, Penemuan Terbimbing, R & D

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas bahan ajar matematika berbasis penemuan terbimbing. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas IX SMPN 1 Sungguminasa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli, angket respons guru dan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation) dengan menghasilkan modul matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa nilai rata-rata aspek modul berbasis penemuan terbimbing pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung dengan nilai kevalidan 4,5 yang berada dalam kategori “sangat valid”. Hasil angket respons guru memiliki persentase respons positif dengan rata-rata 87,5%. Kemudian, keefektifan modul diketahui 87,9% siswa berada pada kategori tuntas, hasil pengamatan aktivitas siswa dengan rata-rata 57,1% berada pada kategori cukup aktif, dan persentase rata-rata respon positif siswa adalah 93,9%. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan modul matematika berbasis penemuan terbimbing dapat diterapkan dalam pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WyLoglwAAAAJ&hl=id

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6054313&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.

EDUCATION BACKGROUND

  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2013 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang

Referensi

Darmayanti, R., Utomo, D. P., Choirudin, & Usmiyatun. (2023). E-Module Guided Discovery Learning Model in the HOTS-Based Independent Learning Curriculum. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1–10.

Eka Saputri, M. E., & Oktarin, I. B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2), 155. https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15230

Fitriani, V., & Eka Afri, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Segiempat. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 220–229. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.494

Jawa, A. N., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2022). Pengembangan bahan ajar pada materi relasi dan fungsi berbasis pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1568–1583.

Luthfiani, A., & Yerimadesi, Y. (2022). Effectiveness of e-module based on guided discovery learning on learning outcomes of high school students. Jurnal Pijar Mipa, 17(6), 770–774. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i6.4252

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Sari, A., & Revita, R. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Nilai Keislaman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 655–667. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1256

Susanti, S., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728

Wanahari, M., Amry, Z., & Simamora, E. (2022). Development of Guided Discovery-Based Learning Tools Using Hypercontent To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Ability. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 100. https://doi.org/10.31000/prima.v6i2.5514

Yuza, A., & Darwianis, D. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika II. Unes Journal of Education Scienties, 1(1), 090. https://doi.org/10.31933/ujes.1.1.090-106.2017

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 136 times