Kontekstualisasi Ayat Pidana Pencurian Dalam Hukum Positif Indonesia

  • Marli Candra UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • M. Ainun Najib Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
    (ID)
  • M. Ainun Najib Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
    (ID)
Kata Kunci: Pidana Pencurian, Hukum Pidana, Hukum Pidana Islam, Kontekstualisasi

Abstrak

Hukum Pidana Islam telah banyak ditinggalkan dalam praktiknya. Hukum pidana Islam diasumsikan sebagai aturan hukum yang sudah tidak sesuai dengan prkembangan zaman. Padahal pada perjalanan pembaruan hukum, para pemikir Islam banyak mempengaruhi perkembangan sistem hukum di dunia, di antaranya terkait tindak pidana pencurian. Untuk menjawab asumsi di atas, diperlukan kontekstualisasi terhadap hukum pidana Islam untuk menjelaskan bahwa hukum Pidana Islam dapat mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan konseptual dan komparatif yang berusaha membandingkan pidana pencurian dalam hukum pidana Islam, hukum positif Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari kedua hukum di atas memiliki substansi yang sama, yakni melemahkan pelaku pencurian, hanya saja bentuk pidananya yang berbeda. Hal ini merupakan keniscayaan karena pesatnya perkembangan zaman.

Referensi

Al-Anshari, Zakariyya. Ghayah al-Wushul. Surabaya: Al-Hidayah, n.d.

Al-Fādanī, Muhammad Yāsīn Ibn ‘Īsā. Ḥusn Al-Ṣiyāghah. Rembang: Al-Maktabah Al-Anwariyah, n.d.

Al-Ḥafīd, Ibn Rushd. Bidāyah Al-Mujtahid Wa Nihāyah Al-Muqtaṣid. Kairo: Dar Al-Hadis, 2004.

Al-Qaradhawi, Yusuf. Perkembangan Fiqh Antara Statis Dan Dinamis. Translated by Saifullah M. Yunus. Kairo: Maktabah Wahbah, 2022.

Al-Raḥman, Bahauddin Abd. Al-‘Iddah Sharḥ Al-‘Umdah. Kairo: Dar Al-Hadis, 2003.

Al-Ramlī, Shihābuddīn. Nihāyah Al-Muḥtāj Ilā Sharḥ Al-Minhāj. Beirut: Dar Al-Fikr, 1983.

Al-Zuhailī, Waḥbah. Al-Fiqh Al-Islāmī Wa Adillatuhū. Suriah: Dar Al-Fikr, 1989.

Al-Zuhri, Muhammad. Al-Sirāj Al-Wahhāj ‘alā Matni Al-Minhāj. 8th ed. Beirut, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2016.

Basyit, Abdul. “Pengaruh Pemikiran Ibn Taymiyyah Di Dunia Islam.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1810.

Garfes, Harry Pribadi, and Khairunnas. “Batasan Memukul Anak Untuk Melaksanakan Sholat Menurut Hukum Islam Dan Hukum Positif.” Islamitsch Familierecht Journal 2, no. 02 (2021): 106–25. https://doi.org/10.32923/ifj.v2i02.2015.

Ghulām, Zakariyya ibn. Min Uṣūl Al-Fiqh ‘Alā Manhaj Ahli Al-Ḥadīth. Dar Al-Kharaz, 2002.

Hakim, Abdul Hamid. Al-Sullam. Jakarta: Makatabah As-Saadiyah Putra, 2008.

Kusnandar, Viva Budy. “RISSC: Populasi Muslim Indonesia Terbesar Di Dunia.” databoks, 2021.

Marsaid. Al-Fiqh Al-Jinayah (Hukum Pidana Islam) Memahami Tindak Pidana Dalam Hukum Islam. Edited by Jauhari. Palembang: CV. Amanah, 2020.

Miswanto, Agus. Ushul Fiqh: Metode Ijtihad Hukum Islam. Magelang: Unimma Press, 2019.

Muhammad, Abdullah ibn. Majma’ Al-Anhar Fī Sharḥ Multaqā Al-Abḥar. Turki: Al-Matba’ah Al-’Amirah, 1328.

National Legislative Bodies / National Authorities. “Iran: Islamic Penal Code,” 1991.

Nota Kesepakatan Bersama Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tentang Pelaksanaan Penerapan Penyesuaian Baasan Tindak Pidana R (2012).

Panca, Anang. “Info Terbaru Harga 1 Dinar Emas Saat Ini.” harga.web.id, 2022.

Penyusun Mu’tamar Islam di Jedah. Majallah Majma’ Al-Fiqh Al-Islami. Maktabah Al-Shamilah, 2008.

Qudāmah, Ibn. ’Umdah Al-Fiqh. Al-Maktabah Al-Ashriyah, 2004.

Rahardjo, Satjipto. “Hukum Progresif: Hukum Yang Membebaskan.” Jurnal Hukum Progresif 1, no. 1 (2011): 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/hp.1.1.1-24.

Rokhmadi. Hukum Pidana Islam. Semarang: CV. Karya Abadi Jaya, 2015.

Sa’īd, Abū Al-Ḥasan ‘Alī Ibn. Manāhij Al-Tahṣīl Wa Natāij Laṭāif Al-Ta’wīl. Dar Ibn Hazm, 2007.

Diterbitkan
2024-11-29
Abstrak viewed = 240 times