FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT MEMBACA BUKU PAKET PAI DAN SOLUSINYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS
Abstrak
Kemampuan membaca membutuhkan pembiasaan. Adanya minat baca yang tinggi mampu mendorong individu untuk lebih mudah menyerap konsep-konsep dari bahan bacaannya. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya minat membaca khususnya pada buku paket PAI dan solusinya bagi peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Pallangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS dan guru PAI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai macam faktor penyebab kurangnya minat membaca peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Pallangga yaitu: kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya membaca, kurangnya motivasi dari orang tua, kurangnya peran guru PAI dalam memberikan tugas kepada peserta didik, penataan perpustakaan yang kurang menarik, kurang beragamnya buku paket PAI di perpustakaan. Solusi yang dilakukan oleh guru PAI dari faktor-faktor penyebab kurangnya minat membaca buku paket PAI adalah perlunya pengontrolan dan motivasi dari orang tua peserta didik dengan cara mengundangnya ketika penerimaan rapor setiap semester dan memberikan pengarahan kepadanya tentang prestasi anaknya di sekolah supaya lebih ditingkatkan, dan penataan perpustakaan di SMAN 1 Pallangga harus diperbaiki supaya peserta didik tertarik mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ardis, A. R. (2016). Pengaruh minat belajar dan kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 8 Makassar. UIN Alauddin Makassar.
Bafadal, I. (2015). Pengelolaan perpustakaan sekolah (Cet. X). Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman. (2014). Keterampilan membaca (Cet. II). Jakarta: Rajawali Pers.
Harmono. (2018). Motivasi orang tua terhadap minat baca anak usia 5 sampai 8 tahun di kelurahan olak kemang kecamatan danau teluk kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Jayadi, Rahmawati, N., & Mariyanah. (2017). Faktor penyebab kurangnya minat baca mahasiswa di perpustakaan. Jurnal Paedagogie, V(2), 86–93.
Mannan, A. (2016). Guru PAI SMAN 1 Pallangga. Hasil Wawancara.
Mansyur, U. (2018). Korelasi minat baca dengan kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia UMI. Multilingual: Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 7(1), 11–22.
Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM.
Marimbun, M. (2019). Minat membaca dan implementasinya dalam bimbingan dan konseling. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 74–84. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1361
Murtafi’ah, Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis keterampilan membaca permulaan dan berhitung pada siswa sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79–87.
Nasa, H. T., & Solong, N. P. (2019). Gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Al-Muzakki, 1(1), 77–92.
Rahim, F. (2005). Pengajaran membaca sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rumidjan, R., Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 2(2), 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062
Saleh, & Heryandi, T. (2020). Peran Kepala sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 95–105.
Slameto. (2009). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman. (2009). Perpustakaan sebagai jantung sekolah. Bandung: MQS Publishing.
Suherman. (2010). Menghidupkan kembali semangat membaca para mahaguru peradaban. Bandung: MQS Publishing.
Sukardi. (2021). Analisa minat membaca antara e-book dengan buku cetak mengunakan metode observasi pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 158–163.
Tarihoran, R. K., & Dewi, R. S. (2020). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca novel bahasa inggris pada mahasiswa sastra inggris UMN Al-Washliyah. Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 503–507.
Wulandari, T., & Haryadi. (2020). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan keterampilan membaca siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 92–97.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer## Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).