PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS IX SMP/MTS
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing pada pokok bahasan statistika. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kualitas pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek kevalidan berdasarkan skor validasi oleh dua orang validator aspek kepraktisan berdasarkan respons siswa, dan aspek keefektifan berdasarkan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi oleh dua validator diperoleh kriteria sangat valid. Nilai kepraktisan berdasarkan respons peserta didik diperoleh bahwa media ini sangat praktis untuk dipergunakan pada tahap uji coba skala besar. Selanjutnya nilai kepraktisan berdasarkan respons peserta didik pada tahap II dengan kriteria sangat praktis. Terakhir uji keefektifan yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar peserta didik, diketahui bahwa rata-rata tes hasil belajar sudah memenuhi nilai KKM yang berarti bahwa bahan ajar efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aisyi, C. R., Anwar, R. B., & Rizki, S. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam materi sistem persamaan linier. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72–78. http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/412
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran digital book pada materi aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Desain bahan ajar komputasi matematika berbantuan software mathematica untuk mengembangkan kemandirian belajar mahasiswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 29–36.
Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terbahap hasil belajar fisika di SMA. Chemistry Education Practice, 2(2), 190–195. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5020
Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., Fernandez, M., Gracia, M., & Gawa, M. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika linear satu variabel. FIGMA: Jurnal Pendidikan, IV(1), 50–55.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi, M. (2018). Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508
Muliani, N. K. D., & Wibawa, M. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 278–285.
Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sigi. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.39
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Zulfikar, M., & Tayeb, T. (2018). Perbandingan penerapan metode inquiry terbimbing dan metode inquiry bebas termodifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 26–33.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer## Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).