PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS IX SMP/MTS

  • Nismalasari Jufri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Yusuf Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: bahan ajar, penemuan terbimbing, statistika

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing pada pokok bahasan statistika. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kualitas pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek kevalidan berdasarkan skor validasi oleh dua orang validator aspek kepraktisan berdasarkan respons siswa, dan aspek keefektifan berdasarkan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi oleh dua validator diperoleh kriteria sangat valid. Nilai kepraktisan berdasarkan respons peserta didik diperoleh bahwa media ini sangat praktis untuk dipergunakan pada tahap uji coba skala besar. Selanjutnya nilai kepraktisan berdasarkan respons peserta didik pada tahap II dengan kriteria sangat praktis. Terakhir uji keefektifan yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar peserta didik, diketahui bahwa rata-rata tes hasil belajar sudah memenuhi nilai KKM yang berarti bahwa bahan ajar efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aisyi, C. R., Anwar, R. B., & Rizki, S. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam materi sistem persamaan linier. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72–78. http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/412

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran digital book pada materi aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Desain bahan ajar komputasi matematika berbantuan software mathematica untuk mengembangkan kemandirian belajar mahasiswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 29–36.

Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terbahap hasil belajar fisika di SMA. Chemistry Education Practice, 2(2), 190–195. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5020

Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., Fernandez, M., Gracia, M., & Gawa, M. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika linear satu variabel. FIGMA: Jurnal Pendidikan, IV(1), 50–55.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi, M. (2018). Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508

Muliani, N. K. D., & Wibawa, M. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 278–285.

Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sigi. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.39

Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Zulfikar, M., & Tayeb, T. (2018). Perbandingan penerapan metode inquiry terbimbing dan metode inquiry bebas termodifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 26–33.

Diterbitkan
2022-05-31
Bagian
Vol. 4 No. 1
Abstrak viewed = 96 times