SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR
Abstrak
Pendidikan Islam menjadi suatu khazanah yang sangat penting untuk ditelusuri seluk beluknya. Puncak kejayaan agama Islam dapat dilihat dari kemampuannya dalam memerintah berbagai negara di muka bumi. Termasuk negara Mesir yang pernah diperintah oleh Fathimiyah Daula. Kemenangan Islam di Mesir menjadi sesuatu yang pautu untuk dibanggakan, sebab telah menjadi kiblat pengetahuan bagi negara-negara lainnya. Upaya untuk menelusuri sejarah pendidikan Islam dapat menstimulasi kondisi pendidikan Islam. Jatuhnya Islam di Mesir menjadi salah satu faktor pendorong para cendekiawan Islam untuk bertindak. Maka dari itu, tulisan ini akan mendeskripsikan mengenai sejarah pendidikan Islam di Mesir. Tulisan ini disusun sesuai dengan data-data yang diperoleh berupa bahan pustaka (library research) dengan menggunakan metode deskriptif-historis. Berdasarkan kajian pada tulisan ini, diperoleh perkembangan peradaban Islam di Mesir serta kemerosotan yang dialami umat Islam di Mesir hingga menggerakkan hati para pemikir Islam.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afrizal. (2016). Perkembangan Filsafat Islam di Mesir Modern. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(1), 1–20. https://doi.org/10.30821/miqot.v39i1.36
Ahmad, Z. A. (1979). Sejarah Islam dan Ummatnya (Jilid II). Jakarta: Bulan Bintang.
Ansary, T. (2009). Destiny Distrupted: A History of The Word Through Islamic Eyes. New York: PublicAffairs.
Arikarani, Y. (2019). Pendidikan Islam di Mesir, India, dan Pakistan. EL-Ghiroh, 16(1), 87–112. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.76
Fauzi, M. (2017). Tokoh-Tokoh Pembaharu Pendidikan Islam di Mesir. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 387–408. https://doi.org/dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.213
Gershoni, I., & Jankowski, J. P. (1986). Egypt, Islam, and the Arabs: The Search for Eqyptian Nationhood 1900-1930. New York: Oxford University Press.
Gunawan. (2019). Peta Kemunculan Pemikiran Modern dalam Islam. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(1), 47–59. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v3i1.1379
Habibi, D. F. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam di Timur Tengah (Studi Kawasan Mesir dan Turki). Risâlah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 31–43. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i2.64
Hanafi, I. (2016). Dinamika Kebijakan Pendidikan di Mesir. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(2), 118–133. https://doi.org/dx.doi.org/10.24014/jiik.v6i2.4818
Hitti, P. K. (1970). History of the Arabs. London: Macmillan.
Kalsum, N. (2014). Perkembangan Pemikiran dan Peradaban Islam Pada Abad Modern. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 2(1), 163–178. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/130
Karo, T. K. (2020). Modernisasi Pendidikan Islam di Mesir. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.60
Khaeroni, C. (2017). Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh (1849-1905). At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 59–72. https://doi.org/dx.doi.org/10.24127/att.v1i01.340
Khalil, M. (2014). Sejarah Peradaban Islam Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Khalilurrahman, M. (2012). Syaikh Yusuf Qardhawi: Guru Umat Islam Pada Masanya. Jurisdictie, Jurnal Hukum Dan Syariah, 2(1), 171–175. https://doi.org/10.18860/j.v0i0.1733
Lapidus, M. I. (2000). Sejarah Sosial Ummat Islam Bagian Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Muttaqin, I. (2015). Konsep Al-Kasb dan Modernisasi Islam. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 23–43. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v1i1.3339
Nasbi, I. (2019). Jamaluddin Al-Afghani (Pan-Islamisme dan Ide Lainnya). Jurnal Diskursus Islam, 7(1), 70–79. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.9805
Rahman, B. A. (2017). Modernisme Islam dalam Pandangan Muhammad Abduh. Tsaqofah & Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 2(1), 39–50. https://doi.org/dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v2i1.786
Raliby, O. (1963). Ibn Khaldun Tentang Masyarakat dan Negara. Jakarta: Bulan Bintang.
Rasid, S. (2013). Sejarah Islam Abad Modern. Yogyakarta: Ombak.
Ratnawati, S. R. (2018). Ijtihad dan Modernisasi Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Al-Ibrah, 3(2), 1–20. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/52
Siregar, J. A. (2020). Sejarah Sosial Universitas Al-Azhar; Gagasan Tentang Konstruksi Lembaga Pendidikan Islam. Idrak: Journal of Islamic Education, 2(2), 263–274. https://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/21
Sou’yb, J. (1978). Sejarah Daulah Abbasiyah (Jilid III). Jakarta: Bulan Bintang.
Sunanto, M. (2003). Sejarah Islam Klasik: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Jakarta: Kencana.
Syafaq, H. (2015). Radikalisme Sebagai Blocking Factor Bagi Perkembangan Peradaban Islam Modern. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 4(2), 451–476. https://doi.org/10.15642/teosofi.2014.4.2.451-476
Tambak, S. (2017). Eksistensi Pendidikan Islam Al-Azhar: Sejarah Sosial Kelembagaan al-Azhar dan Pengaruhnya terhadap Kemajuan Pendidikan Islam Era Modernisasi di Mesir. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 115–139. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).624
Yatim, B. (2008). Sejarah Peradaban Islam Dirasah Ilmiyah II. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).