EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstrak
Problem posing merupakan pendekatan pembelajaran berbasis pengajuan masalah untuk melatih daya nalar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar terdiri dari 165 siswa sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, berupa pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran problem posing efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akben, N. (2018). Effects of the problem-posing approach on students ’ problem solving skills and metacognitive awareness in science education. Res Sci Educ, 4(5), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11165-018-9726-7
Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Dhewy, R. C., & Ayuningtyas, N. (2019). Implementasi pendekatan problem posing soal matematika pisa likes terhadap kemampuan literasi matematis. Vygotsky Journal, 1(2), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.136
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terbahap hasil belajar fisika di SMA. Chemistry Education Practice, 2(2), 190–195. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5020
Ismunandar, D., Rosyadi, R., Nandang, N., & Azis, K. (2020). Pendampingan belajar matematika pada materi pecahan di desa Lajer kecamatan Tukdana kabupaten Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.31943/abdi.v2i1.24
Mailili, W. H. (2018). Deskripsi hasil belajar matematika siswa gaya kognitif field independent dan field dependent. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2371
Nugroho, T. A., & Anugraheni, I. (2021). Efektivitas model pembelajaran problem solving dan problem posing di sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1003–1010. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.583
Nuha, M. A., Waluya, S. B., & Junaedi, I. (2018). Mathematical creative process wallas model in students problem posing with lesson study approach. International Journal of Instruction, 11(2), 527–538. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11236a
Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2018). Implementasi pendekatan student centered learning dalam pembelajaran ipa dan relevansinya dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
Septian, A., & Aulia, S. R. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing berbantuan edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital, 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Suarsana, I. M., Lestari, I. A. P. D., & Mertasari, N. M. S. (2019). The effect of online problem posing on students ’ problem-solving abilitiy in mathematics. International Journal of Instruction, 12(1), 809–820. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.136
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahbana, E. M. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan model problem posing pada peserta didik sekolah dasar. Educare, 17(63–69). http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/243
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).