The Influence of Halal Lebel and Product Quality on Drug Purchase Interest
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap niat pembelian obat-obatan, dengan fokus pada mahasiswa pascasarjana Ekonomi Syariah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Dalam konteks Indonesia, dengan populasi mayoritas Muslim yang besar, produk halal memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan. Namun, kesadaran konsumen terhadap status halal produk di luar makanan, terutama di sektor farmasi yang berdampak langsung pada kesehatan masyarakat, masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dua variabel independen: pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap niat pembelian obat-obatan. Hipotesis penelitian menyarankan bahwa label halal dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian obat-obatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada mahasiswa pascasarjana Ekonomi Syariah di UINSU. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen saat membeli obat-obatan halal. Selain itu, temuan dari penelitian ini dapat memiliki implikasi praktis bagi bisnis dan pembuat kebijakan yang tertarik untuk mempromosikan produksi dan konsumsi produk halal di Indonesia. Penelitian ini sangat relevan mengingat Indonesia merupakan pasar industri halal terbesar di dunia.
Referensi
Adhitama, P. P. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Undip , Semarang ).
Ashari, (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Dic Jeans. Bandung : Universitas Telkom.
Atif, M., Saleem, F., Masood, I., Sarrif, A., & Sadeeqa, S. (2013).Knowledge, Attitude and Perception (KAP) Regarding Halal Pharmaceuticals Among General Public in Penang State of Malaysia. International Journal of Public Health Science, 2(4), 7166.
Aziz, N. A., Ramli, N., & Amin, N. (2018). Request for Halal Pharmaceutical Information: Duty of Physician and Pharmacist. In Proceedings of the 3rd International Halal Conference (INHAC 2016)(pp. 201-210). Springer, Singapore.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Fauzi, F., Dencik, A. B., & Asiati, D. I. (2019). Metode Penelitian untuk Manajemen dan Akuntansi: Aplikasi SPSS dan EView untuk Teknis Analisis Data. Jakarta: Salemba Empat.
Fitri, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Teknologi Informasi, Kepercayaan Dan Mutu E-Banking Informasi, Kepercayaan Dan Mutu E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Online (Studi Kasus Nasabah BNI Syariah Medan). Tesis
Hardisman. (2020). Tanya Jawab Analisa data: Prinsip Dasar dan Langkah-Langkah Praktis Aplikasi pada Penelitian Kesehatan dengan SPSS. Bogor: Guepedia Publisher.
Kamaruddin, Bin Sapa, N. ., Hasbiullah, H., & Trimulato, T. (2021). Integrasi Perbankan Syariah dan Fintech Syariah Pengembangan UMKM. Al-Buhuts, 17(2), 177–197.
Nurdin, Winda Nur Azizah, & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 200-222.
Nugraha, R. (2017). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang)(Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Pandensolang, J. D., & Tawas, H. N. (2015). Pengaruh diferensiasi, kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).
Hardisman. (2020). Tanya Jawab Analisa data: Prinsip Dasar dan Langkah-Langkah Praktis Aplikasi pada Penelitian Kesehatan dengan SPSS. Bogor: Guepedia Publisher.
Sapa, N., Sudirman, & Awaluddin, M. (2022). Effect of Non Performing Financing and Operating Expenses of Operating Income on Profitability of Islamic Commercial Banks. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(1), 455–463.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##