PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS YASRIB BATU-BATU KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG (TINJAUAN FILSAFAT AKHLAK)

  • Asrina Asrina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Nurbaety Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Astrid Veranita Indah Universitas Negeri Alauddin
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2170-3659
Kata Kunci: Pembelajaran, Akidah Akhlak, Filsafat Akhlak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bentuk-bentuk pembelajaran akidah akhlak di MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Penelitian ini juga menganalisis bentuk-bentuk pembelajaran akidah akhlak di MTs Yasrib Batu-Batu Kabupaten Soppeng dari tinjauan Filsafat Akhlak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan menggunakan Pendekatan Teologis, Fenomenologis, dan filosofis. Adapun tahap pengumpulan data penelitian dimulai dengan   melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk yang digunakan dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Yasrib Batu-Batu adalah dengan ceramah, tanya jawab, membaca, mendengarkan dan menulis. Dengan adanya kombinasi dalam bentuk pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak dan dapat membantu siswa menerapkan ajaran dan mendalami makna serta mendorong pemikian kritis. Sejalan dengan pemikiran Al-Ghazali terkait bentuk pembelajaran fokus pada pendidikan holistik, memberikan peran, contoh, keteladanan serta pengalaman praktis. Al-Ghazali juga mendorong metode pembelajaran yang melibatkan pengalaman praktis dan refleksi sehingga siswa dapat menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari.  Penelitian ini berimplikasi pada pengembangkan bentuk evaluasi yang tidak hanya mengukur pengetahuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku siswa dalam menerapkan nilai-nilai akhlak.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Aqidah dan Filsafat

Referensi

Al-Ghazali. IHYA ULUMIDDIN “Menghidupkan Kembali Ilmu-Ilmu Agama” Ilmu Dan Keyakinan. Jakarta pusat “Penerbit Republika,” 2005.
Ali, Aceng, Unang Wahidin, and Ali Maulida. “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Madrsah Aliyah Swasta.” Cendika Muda Islam Jurnal Ilmiah 2, no. 2 (2022): 371–383.
Aliyas. “Kepala Sekolah Mts Yasrib Batu-Batu.” kabupaten soppeng, 2024.
Asnani Susiana, Mislia. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisasi Kenakalan Remaja.” Jurnal Mappesona 3, no. 2 (2020).
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “KBBI.” Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia. Last modified 2016. http://kbbi.kemendikbud.go.id.
Ginanjar, Hidayat, and Nia Kurniawati. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 4, no. 2 (2020): 133–140.
Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis Dan Pemikiran Islam. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Halim Qur’an. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Surabaya: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014.
Hasan, Zubaidi, and Zubairi Zubairi. “Strategi Dan Metode Pebelajaran Akidah Akhlak.” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2023): 38–47.
Jannah, Miftahul. “Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2020): 237.
Nur Utami, Adristinindya Citra, and Santoso Tri Raharjo. “Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 4, no. 1 (2021): 1.
Nurjanah, Septi, Nurilatul Rahma Yahdiyani, and Sri Wahyuni. “Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Karakter Peserta Didik.” EduPsyCouns 2, no. 1 (2020): 366–377.
Prasetiya, Benny. “Dialektika Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Ibnu Miskawaih Dan Al-Gazali.” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 10, no. 2 (2018): 249–267.
Rusfiati. “Guru Akidah Akhlak.” kabupaten soppeng, 2024.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2011.
Sulastri. “Guru Bimbingan Konseling Mts Yasrib Batu-Batu.” Kabupaten soppeng, 2024.
Diterbitkan
2024-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 85 times