MENDIDIK DENGAN KASIH: FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN

  • Annisa Tri Damayanti Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Perundungan, filsafat pendidikan Islam, kasih sayang

Abstrak

Perundungan dalam dunia pendidikan merupakan masalah serius yang berdampak negatif tidak hanya pada korban, tetapi juga pada pelaku dan lingkungan pendidikan secara keseluruhan. Korban perundungan kerap mengalami tekanan psikologis, depresi, hingga gangguan rasa percaya diri, sementara pelaku menunjukkan perilaku agresif yang dapat berlanjut hingga dewasa. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang tidak sehat, merugikan semua pihak yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi solusi berbasis filsafat pendidikan Islam dalam mengatasi perundungan, dengan menekankan nilai-nilai kasih sayang, empati, keadilan, dan toleransi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif berbasis kajian pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan Islam mengedepankan pembentukan akhlak mulia dan integrasi nilai-nilai moral dalam setiap aspek pendidikan. Penerapan nilai-nilai ini dapat dilakukan melalui pendidikan karakter yang melibatkan peran aktif guru, orang tua, dan lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan suportif. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam seperti kasih sayang dan toleransi tidak hanya mampu mencegah perundungan, tetapi juga membangun budaya saling menghormati, kerja sama, dan kedisiplinan di antara siswa. Selain itu, filsafat pendidikan Islam memberikan panduan untuk merancang kebijakan anti-bullying yang efektif dan berkelanjutan. Dengan demikian, pendekatan ini menawarkan solusi holistik dalam membangun generasi yang berintegritas, bermoral, dan mampu menghadapi tantangan di masa depan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adena Nurasiah Siregar. “Pandangan Filosofis Tentang Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sekolah.” PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 3 (2022): 215–228.
Adisasmita Raharjo. “Jurnal Kajian Pendidikan Sains” 6, no. 3 (2011): 28–38.
Akip, Muhamad, Sujarwo, and Candres Abadi. “Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying (Studi Kasus Di SMPIT Nur Riska Lubuklinggau).” Ta lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 02 (2023): 28–33.
Asnawi, Mu’aliyah Hi. “Pengaruh Perundungan Terhadap Perilaku Mahasiswa.” Jurnal Sinestesia 9, no. 1 (2019): 33–39. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/46.
Astiti, Putri, Jenny Ratna Suminar, and Agus Rahmat. “Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling Sebagai Komunikator Pendidikan.” Jurnal Kajian Komunikasi 6, no. 1 (2018): 1.
Bahruddin. “Sosialisasi Bullying (Perundungan) Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan Di SD Negeri 1 Argosuko.” TAFANI :Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 2961–7545.
Fauziah, Dini Rizqi, and Mulkiah. “Bullying Dalam Perspektif Ke-Islaman.” Journal Islamic Education 1, no. 3 (2023): 643–654. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index.
Haru, Emanuel. “Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar.” Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 11, no. 2 (2023): 59–71.
Hatta, Muhammad. “Tindakan Perundungan (Bullying) Dalam Dunia Pendidikan Ditinjau Berdasarkan Hukum Pidana Islam.” MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 41, no. 2 (2018): 280–301.
Mustafa, “Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Epistimologi Ilmu,” Jurnal Iqra’ 3, no. 1 (2009): 81-87.
Nuthpaturahman, Nuthpaturahman. “Perbandingan Filsafat Pendidikan Islam Dan Filsafat Pendidikan Barat.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 17, no. 2 (2023): 650.
Qomariah, Nurul. “Filsafat Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Muhammad Quraish Shihab).” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 19, no. 1 (2019): 72–86.
Rizqi, Sendy Annafi, Siti Salsabila, Muhammad Bintang Hafiansyah, and Muhib Rosyidi. “Strategi Islam Dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 4 (2024): 15.
Romli, Ahmad Bagus Syifaur, Mohammad Fajar Shodiq, Achmad Defri Juliansyah, Munif Mawardi, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. “Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 15, no. 2 (2023): 214–223.
Siddik, Hasbi. “Konsep Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan 14, no. 1 (2022): 1–17.
Sumiyati. “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam” (2014): 17.
Wulandari Wangi Ni Kadek, Fridari Diah Ayu I Gusti. “Jurnal Inovasi Pendidikan.” Jurnall Inovasi Pendidikan 6, no. 1 (2024): 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285.
Yuliyanti, Sri, and Eliska Juliangkary. “Bullying Di Lingkungan Pendidikan : Analisis Filsafat Pendidikan.” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 10, no. 2 (2023): 230–242.
Diterbitkan
2024-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 174 times