PENERAPAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF PESERTA DIDIK KELAS 2 MINU NGINGAS

  • Zuha Prisma Salsabila UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Nafisatul Aliya UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Fadillah Mira Susanti UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Nurleila Rizqi Putri UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Putri Indriyanti UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Achmad Syaab Arif Al Wafa UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Uswatun Chasanah UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
Kata Kunci: Tematik Integratif; Media Konkret; Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 MINU Ngingas Sidoarjo dengan menggunakan media konkret pada pembelajaran tematik integratif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang mencakup dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan permasalahan ketidaktertarikan peserta didik dengan pembelajaran ceramah. Data wawancara memberikan hasil bahwa peserta didik kurang memahami materi yang abstrak. Masalah yang ditemukan adalah tidak adanya penggunakan media nyata, sehingga mempengaruhi pemahaman peserta didik. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakan media konkret dalam pembelajaran tematik integratif menunjukkan bahwa penerapan media konkret terhadap pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 MINU Ngingas Sidoarjo. Penggunaan media konkret sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik integratif di kelas 2 MINU Ngingas Sidoarjo.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aisyah, N., Rahmatullah, Sayfullah, H., Anggraini, Kusmiati, & Sa’diya. (2021). Application of Google Classroom Applications as Media Thematic Learning in the Pandemic Period. Journal of Physics: Conference Series, 1779, 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012067

Destrinelli, Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3 i2.6754

Erowati, M. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 288–296. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/77 35

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/ter ampil.v2i1.1280

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27–38. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197

Irwanto, Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pedidikan (Jartika), 2(1), 272–280. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/287

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Kahfi, R., Sunarya, D. T., & Karlina, D. A. (2017). Penerapan Metode Reqa untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Materi Membuat dan Menjawab Pertanyaan dari Teks yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1691–1700. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10482

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli, 1(5), 549–561. https://e-jurnalmitrapendidik an.com/index.php/e-jmp/article/view/106

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229. https://doi.org/10.23 887/jisd.v3i2.17775

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Puspawati, K., Sudarma, I. K., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Ejournal Undiksha, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1282

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2019). Computer-Based Interactive Multimedia: A Study on the Effectiveness of Integrative Thematic Learning in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012028

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10826

Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif’an, A., & Ardian. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572—1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796

Suarjana, I. M., Pt, N., Riastini, N., & Pustika, I. G. N. Y. (2017). Media Konkret untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103–114. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III dengan Menggunakan Pendekatan Ikuiri Terbimbing di SDN 05 Mukomuko City. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.2904 0/jie.v2i01.175

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech: Jurnal Kajian Tekonologi Pendidikan, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79–96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Diterbitkan
2022-06-14
Bagian
Vol. 9 No. 1
Abstrak viewed = 630 times