PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RME PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA

  • Nina Indriani Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Zuha Prisma Salsabila Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Alfira Nur Azizah Firdaus Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
Kata Kunci: Concept; Understanding; Multiplication

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai operasi hitung perkalian dengan menggunakan metode RME. Sampel dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas 3 di MI Miftahul Huda sebanyak 28 siswa dipilih mengunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen dengan jenis the time series experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman perkalian siswa meningkat. Indikator perkalian yang terpaku dengan hafalan, konsep perkalian dengan penjumlahan berulang, konsep sifat-sifat perkalian, dan pengaplikasian konsep perkalian ke dalam soal cerita menunjukkan peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep perkalian peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Jatisari mengalami peningkatan yang signifikan. Peserta didik telah mampu memahami konsep matematika sederhana dan membuktikannya tanpa selalu berpaku pada hasil hafalan mereka.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the Last Two Decades of Realistic Mathematics Education Approaches. International Journal of Instruction, 15(1). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15122a

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84. https://doi.org/ 10. 15575/ja.v3i1.1499

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 108–119. https://doi.org/10.17509/jpgsd. v5i2.30023

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Ningsih, P. R. (2013). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Gamatika, 3(2). https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/377

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Safriani, A., Pratiwi, A., Pulungan, K., Sari, N., Anjani, R., Dewi, S. P., & Mujib, A. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Pola Alternatif dari Perpangkatan Dua Digit dengan Satuan Satu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 26–33. https://doi.org/10.32696/pgsd.v2i1. 424

Sembiring, R. B., & Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Tong, D. H., Nguyen, T. T., Uyen, B. P., Ngan, L. K., Khanh, L. T., & Tinh, P. T. (2022). Realistic Mathematics Education’s Effect on Students’ Performance and Attitudes: A Case of Ellipse Topics Learning. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.403

Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ssiwa SMP dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matemtika, 1(3), 245–256. https://doi.org/10.24952/logaritma. v7i01.1669

Diterbitkan
2022-06-21
Bagian
Vol. 9 No. 1
Abstrak viewed = 998 times