PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RME PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA
Abstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai operasi hitung perkalian dengan menggunakan metode RME. Sampel dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas 3 di MI Miftahul Huda sebanyak 28 siswa dipilih mengunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen dengan jenis the time series experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman perkalian siswa meningkat. Indikator perkalian yang terpaku dengan hafalan, konsep perkalian dengan penjumlahan berulang, konsep sifat-sifat perkalian, dan pengaplikasian konsep perkalian ke dalam soal cerita menunjukkan peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep perkalian peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Jatisari mengalami peningkatan yang signifikan. Peserta didik telah mampu memahami konsep matematika sederhana dan membuktikannya tanpa selalu berpaku pada hasil hafalan mereka.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the Last Two Decades of Realistic Mathematics Education Approaches. International Journal of Instruction, 15(1). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15122a
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84. https://doi.org/ 10. 15575/ja.v3i1.1499
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 108–119. https://doi.org/10.17509/jpgsd. v5i2.30023
Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277
Ningsih, P. R. (2013). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Gamatika, 3(2). https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/377
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23
Safriani, A., Pratiwi, A., Pulungan, K., Sari, N., Anjani, R., Dewi, S. P., & Mujib, A. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Pola Alternatif dari Perpangkatan Dua Digit dengan Satuan Satu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 26–33. https://doi.org/10.32696/pgsd.v2i1. 424
Sembiring, R. B., & Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Tong, D. H., Nguyen, T. T., Uyen, B. P., Ngan, L. K., Khanh, L. T., & Tinh, P. T. (2022). Realistic Mathematics Education’s Effect on Students’ Performance and Attitudes: A Case of Ellipse Topics Learning. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.403
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ssiwa SMP dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matemtika, 1(3), 245–256. https://doi.org/10.24952/logaritma. v7i01.1669
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.