PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran poster berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif siswa khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDI Kecamatan Raulo Kabupaten Parigi Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan tipe ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDI Raulo yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata penggunaan media pembelajaran poster di SDI Roulo masih dalam kategori sedang, dengan capaian maksimal 84 dan minimal 68; (2) rata-rata skor kemampuan kognitif siswa kelas V SDI Raulo berada pada kategori sedang dengan prestasi belajar maksimal 87 dan minimal 76; dan (3) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran poster terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran PAI. Guru hendaknya menggunakan media pembelajaran seperti poster untuk menarik minat siswa dalam mempelajari pelajaran pendidikan agama Islam.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asmara, R. (2020). Teaching English in a Virtual Classroom Using WhatsApp during the Covid-19 Pandemic. Language and Education Journal, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.52237/lej.v5i1.152
Aspar, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Cara Salat Berbasis Animasi di Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan, Humaniora dan Sains, 1(1), 1–8. https://cendekia.manicsambas.sch.id/index.php/cendekia/article/view/52
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasis wa/article/view/194
Hasyim, B. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon [UIN Banten]. http://repo sitory.uinbanten.ac.id/8245/
Idayatun, S., Iswanto, B. H., & Wibowo, F. C. (2022). Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Suhu dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 10(1), PF-125. https://doi.org/10.21009/03.SNF20 22.02.PF.19
Lingge, Y. B., Dopo, F. B., & Dopo, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Solfeggio pada Materi Memahami Teknik dan Gaya Bernyanyi Lagu Daerah Kelas VIII SMP Citra Bakti Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 107–118. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/ article/view/403
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3 i2.1373
Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal, 4(2), 101–117. https://doi.org/ 10.46244/geej.v4i2.738
Mulyana, A., Rochman, C., & Salim, A. (2019). Tantangan Kompetensi Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Alfa Centauri Bandung. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 344–368. http://ejo urnal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/164
Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpend idikandasar.v3i2.1186
Putri, N. W. M. A., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://do i.org/10.23887/jeu.v2i1.3796
Rizawayani, R., Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan Media Poster pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127–133. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435
Rothewelle, J. C. D. (2019). Comics and Medical Narrative: A Visual Semiotic Dissection of Graphic Medicine. Journal of Graphic Novels and Comics, 10(5–6), 562–588. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1530271
Supriadi. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Syaifullah, M., & Rahma, L. V. (2019). Analisa Perkembangan Koknitif dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. ICESS: Education, Constitutional Law, Economics and Management, Sociology, 1(1), 100–108. https://proceedings.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/icess/article/view/59
Wati, R. (2016). Memahami Perkembangan Jiwa Keagamaan pada Anak dan Remaja. FOKUS: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 1(1), 19–32. https://do i.org/10.29240/jf.v1i1.58
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Conference. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1178 9/
Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23 887/jet.v6i1.41452
Yusandika, A. D., Istihana, I., & Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187–196. https://doi.org/10.24042/ ijsme.v1i3.3593
Yusri, D., & Zaki, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.