Sutadi, Fauzi IMPLEMENTATION OF THE 2013 CURRICULUM OF ISLAMIC EDUCATION AT INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL (SDIT) LOGARITMA IN KARANGANYAR KEBUMEN CENTRAL JAVA

  • Sutadi Sutadi State Islamic University Prof. Dr. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
    (ID)
  • Fauzi UIN SAIZU Purwokerto
    (ID)
Kata Kunci: Implementation; Islamic Education; Curriculum

Abstrak

Abstrak

Munculnya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) merupakan solusi untuk menjawab kebutuhan pendidikan Islam perkotaan bagi para siswa untuk mendapatkan pendidikan Islam yang memadai tanpa harus ke pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi kurikulum 2013 dan proses pendidikan Islam yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Logaritma. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif deskriptif dengan tambahan data interview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muatan kurikulum 2013 di Sekolah Islam Terpadu Logaritma memuat: 1) hafalan hadits dari kelas I sampai kelas VI sebanyak 48 hadits; 2) menghafal 48 surah Al-Qur'an dengan 995 ayat. Sedangkan proses pendidikan Islam dilakukan dengan cara: 1) menghafal hadis secara rutin pada awal proses pembelajaran; 2) membaca surah Al-Qur'an dengan metode Ummi; 3) membaca sirah (kisah) nabi 2 kali seminggu; 4) pembiasaan sholat dhuha; dan 5) kebiasaan shalat berjamaah.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anggraeni, P. N., Herdiani, S., Rustini, T., & Arifin, Muh. H. (2022). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi terhadap Perkembangan Sosial Anak. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 144–147. https://doi.org/10.37304/ jpips.v14i1.4743

Annisaafani. (2022). Cara Ibunda Maudy Ayunda Pilih SD Ideal untuk Putrinya, Tak Mau Pelajaran Hafalan. Www.Haibunda.Com. https://www.haibunda.com/ parenting/20220530112003-61-275144/cara-ibunda-maudy-ayunda-pilih-sd-ideal-untuk-putrinya-tak-mau-pelajaran-hafalan

Elihami, E., & Rahman, A. (2022). Implementing of Full Day School in Improving the Quality of Islamic Religious Education. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 9–15. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3087

Faisol, M. A. (2021). Efektivitas Metode Pengajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SD: Meta-Analisis. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.30957/CENDEKIA.V15I1.650

Fauzi, & Triono, A. (2021). Dasar-Dasar dan Teori Pendidikan, Mewujudkan Pendidikan untuk Masa Depan Generasi. Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Febriani, S. R. (2019). Implementation of Multicultural Education in Learning Foreign Languages for Elementary School. Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 1(1), 15–23. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/imlah/article/view/1213

Hatmiah. (2016). Konsepsi Sistem Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari]. http://idr.uin-antasari.ac.id/6897/2/AWAL.pdf

Hidayat, R. C. W. (2017). Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Manajemen Pendidikan Islam. In A. Zein (Ed.), Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. https://books.google. com/books/about/Ayat_Ayat_Alquran_Tentang_Manajemen_Pend.html?hl=id&id=-ztJEAAAQBAJ

Husin, A., & Suliswiyadi. (2020). Telaah Kritis Konten Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Firdaus Mertoyudan. Conference on Islamic Studies (CoIS), 175–193. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8006/36 43

Muawwanah, S., & Darmiyanti, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 909–916. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2007

Muhith, Abd. (2018). Character Education Management, in Islamic Elementary School State of Lombok Kulon Wonosari Bondowoso District. Dama Academic Scholarly Journal of Researchers, 3(8), 177–183. https://damaacademia.com/ dasjr/2019/03/17/character-education-management-in-islamic-elementary-school-state-of-lombok-kulon-wonosari-bondowoso-district/

Murni. (2021). Islamic Culture Management in School Education Institutions. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(4), 771–782. https://doi.org/10.22373/JM.V11I4.10490

Putra, P., Suhartini, & Arnadi. (2021). Internalisasi Guru Pendidikan Agama Islam pada Nilai Karakter dan Budaya Bangsa di Sekolah Dasar Negeri. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 232–241. https://doi.org/10.24252/ auladuna.v8i2a9.2021

Rahmat Hidayat, C. W. (2017). Ayat-ayat Alqur’an tentang Manajemen Pendidikan Islam.

Safitri, A. (2021). Comparisonal Analysis of Students’ Learning Achievements from Ibtidaiyah Elementary School and Madrasah in Learning Islamic Religious Education at SMP Negeri 4 Rantau Aceh Tamiang Regency. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(1), 35–48. https://doi.org/10.47006/ijierm.v3i1.51

Siddik, H. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(1), 89–103. https://doi.org/10.32489/al-riwayah.9

Syahriani. (2021). The Effectiveness of Understanding the Concept of Worship and Islamic Religious Education by Organizing a Islamic Boarding School Activities for Elementary School Students. Jurnal Basicedu, 5(6), 5810–5817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1785

Tamrin, M. (2015). Urgensi Mata Kuliah Pembelajaran Agama Ke SD-an dalam Mempersiapkan Guru Profesional. Jurnal CERDAS Proklamator, 3(1). https://doi.org/10.37301/jcp.v3i1.7555

Ulum, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Jember. Jurnal Pendidikan dan Kajian Aswaja, 7(2), 67–86. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i2.1158

Wati, F. Y. L. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 1(1), 97–112. https://doi.org/ 10.46963/mpgmi.v1i1.35

Yusra, N. (2015). Implementasi Pendidikan Akhlak di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Badr Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(2), 217–232. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1508

Zulkifli, M., Wahida, W. A., & Sendi. (2022). Dampak Teknologi Smartphone di Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Perilaku Siswa. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201–212. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.29

Diterbitkan
2022-11-18
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 186 times