PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II MI DARUL ISTIQAMAH MAKASSAR

  • Musrifah Musrifah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan apakah ada pengaruh model yang digunakan tersebut terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul Istiqamah Makassar. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MI Darul Istiqamah Makassar yang ber­jumlah 10  orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Adapun hasil belajar akidah akhlak sebelum diterapkan model pem­belajaran CTL menunjukkan skor rata-rata 48,00 dan skor hasil belajar setelah diterapkan model tersebut me­nunjuk­kan skor rata-rata 72,00. Dari hasil analis uji hipotesis menunjukkan  t hitung 20,055 > t tabel 2,308 ini berarti hipotesis dari penelitian terbukti, Ho ditolak H1 di­terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar akidah akhlak melalui penerapan model pembelajaran CTL peserta didik kelas II MI Darul Istiqamah Makassar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Depertemen Agama RI.Al-Qur’an dan Terjemahan.Bandung : Fitrah Rabbani. 2012.

Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesai. Jakarta: Balai Pustaka.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran:Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2009.

Sahabuddin. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.

Trianto. Mendesain Pembelajaran Kontextual di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher. 2008.

Diterbitkan
2016-12-19
Bagian
Vol.3 No.2
Abstrak viewed = 74 times