HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Ulfiani Rahman Dosen
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Dosen
    (ID)
  • Azmidar Azmidar Mahasiswa

Abstrak

Abstract: The objective of the research was to find out the relationship between parents permissive conduct and students emotional intelligence towards students mathematics learning achievement. at SMP Negeri 7 Alla Enrekang, South Sulawesi. The findings showed that: (1) there was a relationship between parents permissive conduct and students emotional intelligence towards students mathematics learning achievement; (2) there was a negative relationship between parents permissive conduct and students mathematics learning achievement; (3) there was a positive relationship between students' emotional intelligence and  their 'mathematics learning achievement; and 4) there was a positive relationship between parents permissive conduct and students emotional intelligence.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menemukan hubungan antara pola asuh permisif orangtua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 7 Alla Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan antara pola asuh permisif orangtua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa; 2) ada hubungan negatif antara pola asuh permisif orangtua dengan hasil belajar matematika siswa; 3) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa; 4) ada hubungan positif antara pola asuh permisif orangtua dengan kecerdasan emosional siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
##submission.authorWithAffiliation##
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
##submission.authorWithAffiliation##
Prodi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Referensi

Chubba, Datsratul, “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Wachid Hasyim Surabaya”. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi, UIN Malang, 2007.

Dariyo, Agoes. Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana, 2012.

Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.

Megawangi, Ratna. “Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani,” dalam Rohinah M Noor, eds. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Cet. I; Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Muhammad, Ali. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi Cet. I; Bandung: Angkasa,1994.

Noor, Rohinah M. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Prawira, Purwa Atmaja. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Puspicahyani, Indah. “Pengaruh Kesiapan Belajar, Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III Semester I SMPN 1 Tahun Ajaran 2005/2006”. Skripsi: Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret, 2006.

Sarastuti, Irma. “Kedisiplinan Siswa SMP Ditinjau Dari Pola Asuh Permisif Orangtua”. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijaprana-ta, Semarang, 2008).

Sarastuti, Irma. “Kedisiplinan Siswa SMP Ditinjau Dari Pola Asuh Permisif Orangtua”. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, 2008.

Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2010.

Yusuf, M. T. Teori Belajar dalam Praktek. Makassar: Alauddin Press, 2013.

Diterbitkan
2015-06-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1093 times