Soul In Islamic Perspective (Surgery of Anatomy of the Soul from Various Perspectives)
Abstrak
Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui jiwa dalam al-Qur’an dan perspektif para filosof muslim tentang jiwa. Jiwa diartikan sebagai sesuatu yang berbentuk fisik yang materil melekat pada diri manusia, tampak dan tidak tersembunyi, tetapi pada waktu lain ia mengandung arti sebagai sesuatu yang berbentuk non-materil yang mengalir pada diri fisik manusia sebagai substansi (jauhar), substansi ruh ataupun substansi berfikir. Di dalam al-Quran ada dua istilah yang sering dipakai untuk menangkap pengertian jiwa, yaitu ruh (roh) dan nafs. Kata nafs dalam berbagai bentuk derivasinya terdapat dalam 63 surat atau 55,26% dari jumlah keseluruhan surat yang terdapat dalam al-Qur’an. Kata nafs mempunyai beraneka makna di antaranya: Pertama, Nafs sebagai diri atau seseorang, Kedua, Nafs sebagai diri Tuhan, Ketiga, Nafs sebagai ruh. Keempat, Nafs sebagai jiwa. Filsafat jiwa yang dikemukakan para filosof Muslim merupakan rembesan filsafat Yunani yang kemudian mereka kembangkan dengan mendekatkan kepada ajaran Islam. Menurut filosof muslim, jiwa adalah (jauhar) substansi rohani sebagai tempat bagi jasad. Hubungan kesatuan jiwa dengan badan merupakan kesatuan secara kebetulan, di mana keduanya berdiri sendiri dan mempunyai subtansi yang berbeda, sehingga binasanya jasad tidak membawa binasa pada jiwa. Jiwa tetap hidup kekal dan akan merasakan siksaan atau penderitaan.
Referensi
Abd al-Baqi, Muhammad Fuad. Mu’jam al-Mufahrasy li al-Fadli al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar al-Fikr, 1994.
Ahmad ibn Faris ibn Zakariya’, Abu al-Husain. Mu‘jam Maqayis al-Lughah, Juz V (tt: Dar al-Fikr, tt.)
al-‘Arabiyah, Majma‘ al-Lugah. Al-Mu‘jam al-Falsafi. Kairo: Al-Hai’at al-‘Ammah, li al-Syu’un al-Matabi‘ al-Amiriyah, 1983.
Al-Ghazali, “Kimiya’ al-Sa’adah“, dalam al-Munqidz min al-Dhalal. Bairu: Maktabah al-Sya’biyyah
Al-Raziq, Mustafa‘Abd. Tahmid li Tarikh al-Falsafah al-Islamiyyah. Kairo: Muhammad ‘Ali Syubayh, 1959.
Chaplin, J.P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2006.
De Boer, T. J. The History of Philosophy in Islam. New York: Dover Publication Inc, 1967.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 1990.
Fakhri, Majid. Sejarah Filsafat Islam, terjemahan dari A History of Islamic Philosophy, oleh Mulyadhi Kartanegara. Jakarta : Pustaka Jaya, 1987.
Fuad al-Ahwaniy, Ahmad. al-Falasifah al-Misriyyah. Kairo: al-Maktabah al-S|aqafiyyah, 1962. h. 10-18
Hana al-Fakhuri dan Khalil al-Jar, Tarikh al-Falsafah alArabiyyah. Bairut: Dar al-Ma’arif
Huzain, Muhammad. “Al-Nafs dalam Filsafat Islam: Kajian Kritis terhadap Pemikiran tentang Jiwa”, Jurnal Kajian Keislaman 1, no. 1 (2020): h. 34-46.
Huzain, Muhammad. “Al-Nafs dalam Filsafat Islam: Kajian Kritis terhadap Pemikiran tentang Jiwa”, Jurnal Kajian Keislaman 1, no. 1 (2020)
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2014.
M, Afrizal. “Pemikiran para Filosof Muslim tentang Jiwa “, Jurnal Pemikiran Islam 30, no. 1 (Januari-Juni 2014): h. 1-17.
M, Afrizal. “Pemikiran para Filosof Muslim tentang Jiwa “, Jurnal Pemikiran Islam 30, no. 1 (Januari-Juni 2014).
Manzur, Ibnu, Muhammad Ibnu Mukarram al-Anshari, Lisān al-‘Arab, Juz 8. Kairo: Dar al-Misriyah li al-Ta’lif wa al-Tarjamah, 1968.
Maskawaih, Ibn. Tahzib al-Akhlaq, terj. Helmi Hidayat, Menuju Kesempurnaan Akhlak (Bandung: Mizan, 1995.
Muhammad Ikbal Salam, Andi. “Al-Nafs dalam Filsafat Islam: Kajian Kritis terhadap Pemikiran tentang Jiwa”, Jurnal Kajian Keislaman 1, no. 1 (2020): h. 34-46.
Muslim, Sahih Muslim, juz II. Cet. II; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.th.
Nasr, Seyyed Hossein & Oliver Liaman. History of Islamic Philosophy, diterjemahkan oleh Tim Mizan dengan judul Eksiklopedi Tematis Filsafat Islam. Bandung: Mizan, 2003.
Nasution, Harun. Falsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
Nasution, Harun. Islam Rasional; Gagasan dan Pemikiran (Cet. III; Bandung: Mizan, 1995.
_______. Filsafat Agama. Jakarta : Bulan Bintang, 1983.
Rajabi, Mahmoud. Insan Syenazi, terj. Yusuf Anas, Horison Manusia. Cet. I; Jakarta: Al-Huda, 2006.
Sheikh, M. Seed. A Dictionary of Muslim Philosophy. Lahore: Institute of Islamic Culture, 1976.
Supriyadi, Dedi. Pengantar Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2019.
Syarif, M. M. History of Muslim Philisophy, penyunting Ilyas Hasan, Para Filosof Muslim. Bandung: Mizan, 1994.
Taha Abu al-Dahab, Asyraf. Al-Mu‘jam al-Islam. Kairo: Dar al-Syuruq, 2002.
Yasir Nasution, M. Manusia Menurut Al-Ghazali. Jakarta: Srigunting, 1988.
Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam, Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: Rajawali Press, 2010.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).