Pengaruh Penerapan Model Interaksi Sosial Berbasis Distance Learning terhadap Aktivitas Belajar SKI di MTs Negeri 1 Enrekang

  • Saprin Postgraduate of Alauddin State Islamic University of Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Syamsuddin Postgraduate of Alauddin State Islamic University of Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nurlathifah Thulfitrah B. Postgraduate of Alauddin State Islamic University of Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Haeril Postgraduate of Alauddin State Islamic University of Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Rafiqah Nur Saprin Postgraduate of Alauddin State Islamic University of Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Model Interaksi Sosial, Distance Learning, Aktivitas Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model interaksi sosial berbasis distance learning terhadap aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Enrekang. Penelitian Ex Post Facto menggunakan angket dan pedoman observasi sebagai instrumen penelitian pada populasi sebesar 554 orang peserta didik yang disampel dengan teknik proportionate stratifield random sampling sebesar 15% yang berjumlah 83 orang peserta didik untuk memperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model interaksi sosial berbasis distance learning berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar SKI di MTs Negeri 1 Enrekang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai thitung 9,937 > ttabel 1,993.

Referensi

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Joyce, Bruce dan Marsha Weil. Models of Teaching. Boston: Allin & Bacon, 1980.

R. I. Arends, dkk., Exploring Teaching: An Introduction to Education. New York: McGraw-Hill Co., 2001. Dikutip dalam Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 201.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Schlosser, Lee Ayers dan Michael Simonson. Distance Education: Definition and Glossary of Terms; dikutip dalam Dewi Salma Prawiradilaga.Wawasan Teknologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2012.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cet. IX; Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 291 times