ENHANCING WRITING POWER THROUGH LEADING QUESTIONS STRATEGY
Abstrak
Menulis adalah keterampilan yang sulit dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan strategi leading question. Penelitian dilakukan di kelas bilingual Madrasah Aliyyah di Kediri. Bahkan, dalam studi pendahuluan, peneliti menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks recount. Siswa tidak dapat menceritakan kembali pengalaman masa lalu karena kurangnya kosakata dan tidak memiliki ide untuk menulis. Peneliti menggunakan strategi pertanyaan utama untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan menulis mereka dalam teks recount. Peneliti menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan mengumpulkan data melalui daftar periksa observasi dan tes. Penelitian dianggap berhasil jika lebih dari 80% siswa di kelas tersebut mencapai nilai lebih dari atau sama dengan 80 dalam tes menulis siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis siswa dalam teks recount setelah menerapkan strategi pertanyaan utama dalam satu siklus dengan empat pertemuan. Persentase keberhasilan teknik ini adalah 94%, dan nilai rata-ratanya adalah 88. Nilai rata-rata siswa adalah 88. Artinya hampir semua siswa lulus tes tertulis. Sikap siswa selama proses menulis sangat baik. Antusiasme siswa dalam menulis teks recount meningkat secara signifikan. Dari hasil semua pertemuan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi leading questions dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount.