An Analysis of Teachers’ Pedagogical Competence in Teaching English: A Case Study at an Islamic School in Lombok

A CASE STUDY AT AN ISLAMIC SCHOOL IN LOMBOK

  • Dini Damayanti Universitas Islam Negeri Mataram
    (ID)
  • Ika Rama Suhandra Universitas Islam Negeri Mataram
    (ID)
  • Soni Ariawan State Islamic University of Mataram
    (ID)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan pedagogi guru dalam pengajaran bahasa Inggris. Tiga guru bahasa Inggris MA NW Aik Bukak, Lombok, dilibatkan sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian kualitatif dilakukan melalui observasi dan wawancara untuk mengetahui data. Analisis kualitatif juga dilakukan dengan mengkategorikan temuan dari observasi dan wawancara. Wawancara digunakan untuk mengetahui kecakapan pedagogik guru dalam pengajaran bahasa Inggris di MA NW Aik Bukak, dan observasi digunakan untuk mengamati proses belajar mengajar bahasa Inggris di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dinilai baik yang terungkap dari 18 indikator kompetensi pedagogik. Selain itu, kemampuan pedagogik guru MA NW Aik Bukak dalam mengajar bahasa Inggris juga dinilai cukup terkonfirmasi dari hasil wawancara. Peneliti menyarankan para guru untuk mengambil upaya untuk meningkatkan strategi dan kompetensi mereka sebelum dan saat mengajar. Mereka juga harus menggunakan beberapa teknik yang menarik untuk meningkatkan antusiasme dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
I am an English language education lecturer at Faculty of Education and Teacher Training State Islamic University of Mataram
Diterbitkan
2023-03-31
Bagian
Volume 5, Number 01, March 2023
Abstrak viewed = 295 times