Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menghadapi Tugas Akhir Karya Tulis Ilmiah (KTI) Di Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros
Abstrak
Tugas akhir adalah salah satu syarat utama bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh gelar kelulusan. Namun beberapa mahasiswa secara psikis tidak siap menghadapinya sehingga menyebabkan gangguan kecemasan. Kecemasan merupakan keadaan yang dapat mengakibatkan seseorang merasa tidak nyaman, gelisah, takut, khawatir, dan tidak tentram diikuti berbagai gejala fisik kecemasan juga yaitu perasaan subjektif seseorang tentang ketegangan, ketakutan, gugup, dan khawatir. Tingginya tingkat kecemasan menyebabkan kehidupan normal seseorang menjadi sulit seperti terganggunya kegiatan dan kehidupan sosial. Kecemasan merupakan salah satu dari berbagai jenis gangguan emosi dan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan D-III Keperawatan. Metode penelitian ini menggunakan Kuantitatif Deskriptif dengan populasi seluruh mahasiswa tingkat akhir angkatan 2022 di kampus Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden mengalami gangguan kecemasan tingkat sedang sebesar 60%, mahasiswa yang mengalami kecemasan tingkat ringan sebesar 26,7%, dan mahasiswa yang mengalami kecemasan tingkat berat sebesar 13,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa tingkat akhir tahun angkatan 2022 program studi pendidikan D-III Keperawatan di kampus Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros saat menghadapi tugas akhir karya tulis ilmiah (KTI) berada di tingkat sedang.
Referensi
Akhnaf, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Az-Zahra, R. I., & Rusdi, A. (2022). Self Awarness Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 107–118.
Al-Hasmi, R., Noviekayati, & Rina, A. P. (2022). Kecemasan pada mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi: Bagaimana peran kepercayaan diri ? Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1).
Bukit, E., & Widodo, Y. H. (2022). Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta. Jurnal of Counseling and Personal Development, 4(1), 44–49.
Clarista, S., & Biromo, A. R. (2024). Gambaran Tingkat Kecemasan Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2020. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1542–1545.
Gustina, N. Z., Badri, I. A., & Putri, Y. D. (2023). Hubungan Peer Support Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Akhir Studi Di Kota Batam. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(2), 150–155.
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Filer. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di STIKES Negeri Payung Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 8(2).
Marjan, F., Sano, A., & Ifdil. (2018). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(2).
Marlita, L., Anita, Y. F., & Kurnia, R. (2023). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Praktikum Pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 7(1), 61–68.
Srinayanti, Y., Rosmiati, & Munandar, A. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Dan Persepsi Mahasiswa Dalam Menghadapi Tugas Akhir Di Program Studi S1 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Ciamis. Jurnal Stikes Muhammadiyah Ciamis, 5(2), 102–110.
Sugiharno, R. T., Susanto, W. H. A., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1190–1197.
Susilo, T. E. P., & Eldawaty. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 105–113.
Informasi Hak Cipta
KEBIJAKAN HIGIENE : JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN (AKSES TERBUKA)
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).