ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN KESEHATAN POLIKLINIK ASY-SYIFAA DAN IMPLIKASINYA UNTUK PENINGKATAN FASILITAS KESEHATAN DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstrak
Pemanfaatan pelayanan kesehatan penting dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah timbulnya atau memburuknya penyakit, menyembuhkan penyakit, dan memulihkan kondisi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan poliklinik dan kepuasan pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat di kampus UIN Alauddin Makassar. jenis penelitian ini yaitu kuantitatif melalui pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 229 responden yang merupakan Mahasiswa Program Studi kesehatan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-25 September 2024 dengan metode pengumpulan sampel melalui pemberian kuesioner kepada Mahasiswa prodi kesehatan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian uji analisi univariat diperoleh dari 30 responden yang memanfaatkan fasilitas kesehatan yang 2 kali atau lebih dari 2 kali kunjungan di dapatkan bahwa mayoritas responden puas dari setiap variabel, diantaranya variable tangible 21 orang (70,0%), reliability 22 orang (73,3%), responsiveness 21 orang (70,0%), assurance 22 orang (73,3%), dan empathy 21 orang (70,0%). Sedangkan Mahasiswa yang tidak memanfaatkan poliklinik di uinam, mayoritas berasalan tidak pernah sakit, lebih nyaman menggunakan layanan kesehatan di luar kampus, dan lebih suka berkonsultasi dengan dokter pribadi atau klinik layanan, Maka diperoleh saran dan masukan dari mahasiswa uinam yaitu Poliklinik kampus perlu meningkatkan sosialisasi terkait alur pelayanan dan keunggulannya agar lebih dikenal oleh mahasiswa. Selain itu, perlu dilakukan perbaikan kualitas pelayanan dengan memastikan staf bersikap lebih ramah dan teliti, melengkapi alat-alat medis yang dibutuhkan, serta meningkatkan kenyamanan ruang tunggu dan aksesibilitas fasilitas kesehatan. Hal ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk lebih percaya dan memilih layanan kesehatan di kampus.
Referensi
Asuransi, K., Ketersediaan, D. A. N., Di, P., Gusti, R., Aflanie, I., Shadiqi, M. A., A, I. Z., Nugroho, A., & Kunci, K. (2024). JURNAL NERS Research & Learning in Nursing Science POLIKLINIK BEDAH MULUT ( TINJAUAN PADA ASPEK PERSEPSI SEHAT SAKIT , STATUS KESEHATAN GIGI DAN. 8(39), 511–517.
Badan Pusat Statistik (2023). 2023.
Buitlena, J. Y., Regaletha, T. A. L., Dodo, D. O., Studi, P., Masyarakat, K., Masyarakat, F. K., & Cendana, U. N. (2022). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemanfaatan Layanan Kesehatan ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Nusa Cendana Angkatan 2020-2021 ). 1(4), 629–639. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.957
Effendi, K., & Junita, S. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. EXCELLENT MIDWIFERY JOURNAL Kedokteran, Fakultas Sumatera, Universitas, 3(2), 82–90.
Hariyani, S. (2020). Bina husada palembang 2020
Juniarni Gultom, R., Nababan, D., Sipayung, R., Hakim, L., & Lina Tarigan, F. (2021). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III TEBING TINGGI. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1281–1298.
Luthfia, A. R., & Alkhajar, E. N. S. (2019). Praktik Pelayanan Publik: Puskesmas Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 71. https://doi.org/10.23969/decision.v1i2.1802
Mashuda, M., Aflanie, I., Shadiqi, M. A., & Nugroho, A. (2024). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Poliklinik Bedah Mulut. Jurnal Ners, 8(1), 511-517.
Mayasari, F. (2016). Analisis hubungan waktu pelayanan dan faktor total quality service terhadap kepuasan pasien di poliklinik kebidanan dan kandungan RSIA Anugerah Medical Centre kota Metro tahun 2015. Jurnal Arsi, 2(3), 214-230.
Munawarah, M., Fitriani, A. D., & Jamaluddin, J. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Harapan Medika Ujungbatu Rokan Hulu Riau Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Cehadum, 2(2), 19-30.
Profil statistik kesehatan 2021. (2021).
Rismayanti, Gunawan Bata Ilyas, I. K. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru. Jurnal Kesehatan Masyarakat Terpadu, 1(2), 85–102.
Telaumbanua, A. S., Theo, D., & Harahap, J. (2024). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Umum Di RSU Bethesda Gunung Sitoli. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KEDOKTERAN, 3(1), 83-101.
Wansaga, Y., Maramis, F. R. R., & Wowor, R. E. (2020). Kualitas Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(3), 07-12
Widyarni, A. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 524-529.
Zaky, A., Bisra, M., & Purnamasari, D. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI PENCARIAN LAYANAN RUMAH SAKIT DALAM MEMPERMUDAH AKSESIBILITAS MASYARAKAT. Awal Bros Journal of Community Development, 4(2), 58-65.