Game Edukasi Siswa SLB Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Berbasis Android
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas sebuah game edukasi berbasis Android yang dirancang khusus untuk siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam meningkatkan literasi matematika mereka. Literasi matematika adalah keterampilan penting yang mendukung kemampuan individu dalam memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, siswa SLB seringkali menghadapi tantangan dalam memperoleh pemahaman matematika yang cukup karena berbagai hambatan dalam pembelajaran mereka. Metodologi penelitian ini mencakup tahap pengembangan game edukasi yang didesain sesuai dengan karakteristik siswa SLB dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika yang efektif. Setelah game selesai dikembangkan, penelitian ini melibatkan sekelompok siswa SLB dalam sebuah eksperimen lapangan yang menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol. Selama periode tertentu, siswa dari kelompok eksperimen berpartisipasi dalam sesi pembelajaran menggunakan game edukasi, sementara siswa dari kelompok kontrol menerima pembelajaran matematika konvensional. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana game edukasi berbasis Android ini efektif dalam meningkatkan literasi matematika siswa SLB. Selain itu, penelitian ini juga berpotensi memberikan masukan berharga untuk pengembangan lebih lanjut game edukasi serupa yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang inklusif bagi siswa dengan kebutuhan pendidikan khusus. Peningkatan literasi matematika di kalangan siswa SLB dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan matematika dalam kehidupan mereka yang lebih lanjut
Rincian Artikel
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.